Jika Kalah, Medvedev Lengser dari Nomor 1


UNGGULAN teratas dan juara bertahan Daniil Medvedev telah menetapkan pertandingan babak keempat AS Terbuka dengan pemain Australia Nick Kyrgios setelah mengalahkan petenis China Wu Yibing pada dini hari Sabtu pagi di Flushing Meadows.

Memulai pertandingan hampir pukul 11 ​​malam setelah pertandingan terakhir tiga jam Serena William melawan Ajla Tomljanovic di dalam Stadion Arthur Ashe, Medvedev mengalahkan Wu 6-4 6-2 6-2 untuk mencapai minggu kedua untuk tahun keempat berturut-turut.

Ditanya bagaimana rasanya menyaksikan penampilan perpisahan Williams sambil menunggu untuk mengambil alih lapangan, Medvedev berkata, “Itu adalah pertandingan yang gila, hampir tiga jam. Sangat disayangkan dia kalah, tetapi jika itu adalah pertandingan terakhir dalam karirnya, itu adalah pertandingan yang luar biasa dan dia hampir menang. Tapi Ajla memainkan level yang bagus dan selamat untuknya.”

Setelah Medvedev memenangkan reli 35 pukulan – terpanjang dalam turnamen – untuk menghindari kehilangan servis di game terakhir set kedua, juara Nitto ATP Finals 2020 itu ke garis finis, menutup pertandingan dalam satu jam, 55 menit. 

Medvedev akan mempertaruhkan peringat nomor 1-nya melawan Kyrgios, yang mengalahkannya bulan lalu di ajang ATP Masters 1000 di Montreal, di mana ia memperpanjang keunggulan rekor pertemuannya atas Medvedev menjadi 3-1. Juara AS Terbuka 2021 saat ini berada di belakang Rafael Nadal di rangking dunia dan akan menyerahkan mahkota No. 1-nya setelah turnamen jika ia kalah dari Kyrgios.

“Kami telah memainkan pertandingan yang hebat. Saya pikir semuanya cukup ketat di papan skor, ”kata Medvedev. “Ini 3-1 untuknya tetapi saya akan mencoba untuk melakukan yang lebih baik kali ini dan itu akan menjadi pertandingan yang bagus untuk ditonton orang."

“Malam ini saya merasa seperti saya bermain di level yang cukup tinggi dan saya melakukan servis sedikit lebih baik darinya, yang merupakan kuncinya. Ada banyak pertandingan ketat dan saya merasa level pertandingannya tinggi.”

Berusaha menjadi pemain pertama yang memenangkan AS Terbuka berturut-turut sejak Roger Federer menang lima kali berturut-turut antara 2004-08, Medvedev maju ke putaran keempat tanpa kehilangan satu set pun di minggu pertama. Dia juga mencari penampilan ketiganya di final di Flushing Meadows, setelah memaksa Nadal ke lima set dalam pertandingan perebutan gelar 2019.

Medvedev telah menghabiskan total 16 minggu di No 1 Dunia sejak Februari.

Wu adalah orang Cina pertama dalam sejarah turnamen (sejak 1881) yang mencapai babak ketiga. Dia telah naik ke peringkat tertinggi dalam karir No. 129 di rangking ATP saat dia melanjutkan pertarungannya dengan rekan senegaranya Zhang Zhizhen (120) untuk menjadi pria China pertama yang menembus Top 100. Dia juga adalah finalis tunggal Asian Games di Palembang 2018 lalu. (atptour)

Hasil 32 besar

(1) Daniil Medvedev Defeats (Q) (CHN) Yibing Wu 64 62 62    

    
(5) (NOR) Casper Ruud Defeats (29) (USA) Tommy Paul 76(3) 67(5) 76(2) 57 60    

    
(12) (ESP) Pablo Carreno Busta Defeats (18) (AUS) Alex de Minaur 61 61 36 76(5)    

    
(13) (ITA) Matteo Berrettini Defeats (GBR) Andy Murray 64 64 67(1) 63    

    
(23) (AUS) Nick Kyrgios Defeats (WC) (USA) J.J. Wolf 64 62 63    

    
(ESP) Alejandro Davidovich Fokina Defeats (Q) (COL) Daniel Elahi Galan 64 57 64 64    

    
(LL) (FRA) Corentin Moutet Defeats (ARG) Pedro Cachin 63 46 62 75    

    

Komentar