Strategis, Pemuda Mesti Terdepan dalam Pembangunan



MARTAPURA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar menggelar Dialog Publik dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022 dengan tema "Peran Pemuda Dalam Mengisi dan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia", di Aula Barakat Kantor Bupati, Martapura Rabu (17/8/2022) siang.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas mengatakan, di tengah moment 17 Agustus bisa mengisi dialog kepemudaan dan menjadi salah satu narasumber yang diselenggarakan DPD KNPI Kabupaten Banjar. 

"Saya mengisi materi tentang peran perempuan dalam mengisi kemerdekaan yang berkiprah di Kabupaten Banjar saat ini," ungkap Ibu Gita sapaan akrabnya.

Ia berharap PKK dan KNPI dapat berkegiatan bersama untuk membawa Visi Misi Kabupaten Banjar. 

" Semoga Kami bisa berkegiatan bersama untuk membawa visi misi daerah ini yaitu menjadi pemuda dan pempuan yang Maju, Mandiri dan Agamis," ucapnya. 

Menurutnya, dalam element ini bukan hanya maju dalam kiprahnya sebagai peran strategis status pekerjaannya tetapi Maju dan Mandiri dalam pemikiran, juga tindakan tanpa harus menghilangkan nilai-nilai agamis sebagai kodratnya perempuan. 


Ditambahkannya dengan program "GITAKU" yaitu Gerakan bIna masyarakaT desA berKualitas dan Unggul harus sama-sama membina masyarakat untuk bisa menjadi masyarakat yang berkualitas dan unggul dalam semua sektor.

Sementara Ketua KNPI Kabupaten Banjar Rahmat Saleh mengatakan, OKP yang dibina KNPI semua satu tidak ada pengecualian.

"Ada kurang lebih 10 OKP yang berhadir pada dialog publik hari ini yang merupakan suatu kebanggaan bahwa kita adalah pemuda yang terdepan, di KNPI kita semua satu tidak ada pengecualian," ucapnya.

Ditambahkannya, DPD KNPI harus berdiri tegak untuk membina OKP yang ada di Kabupaten Banjar dan akan selalu dibina dan saling bersilaturrahmi.

"Semoga KNPI selalu istiqamah menjadi garda terdepan untuk Kabupaten Banjar," harapnya.

Selain Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas sebagai pemateri "Peran Perempuan dalam mengisi Kemerdekaan",  juga ada pemateri lainnya, Wahyudi Rifani Sekretaris Majelis Pembina KNPI Kabupaten Banjar tentang "Pemuda dan Tantangan Masa Depan",  Noor Syawli Syahri, Kabid Pemuda Disbudporapar Kabupaten Banjar mengenai "Pemuda dan Kiprahnya dalam Pembangunan Daerah". Sementara moderator Muhammad Januar Syahib yakni Wakil Ketua Bidang Budaya dan Pariwisata KNPI Kabupaten Banjar.

Turut hadir Staf Ahli PKK Kabupaten Banjar Khairullah Anshari, para ketua OKP dari HIPMI, FKMKB, Karang Taruna, IPM, IPNU, IPPNU, HMI, GP ANSHOR, PMII dan OKP Lainnya serta pengurus dan anggota DPD KNPI Kabupaten Banjar. (banjarkab)

Komentar