Ramainya Anak-anak Berpakaian Adat



MARTAPURA - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 terasa sangat istimewa bagi orang tua anak PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura, sebab Senin (17/8/2022) pagi, mereka menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia untuk kegiatan karnaval.

Selain memperingati HAN 2022, kegiatan tersebut juga untuk memperingati HUT RI ke-77 dan Harjad Kabupaten Banjar ke-72.

Kegiatan karnaval anak dilaksanakan di Rumah Adat Bubungan Tinggi dan Gajah Baliku yang terletak di Desa Teluk Selong Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar, di ikuti 52 orang tua dan 52 anak serta 11 guru.

Plt Kepala PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura Erma Susanti menyebut, selain mengenalkan Rumah Adat Bubungan Tinggi dan Gajah Baliku, pihaknya juga memberikan wawasan kepada anak bahwa Kalimantan Selatan mempunyai tradisi dan sejarah dari rumah tersebut.
"Kami ingin menumbuhkan semangat dan membentuk karakter anak-anak sehingga memiliki kepribadian yang kuat serta cinta akan adat budaya bangsa," ucapnya.

Sementara Wakil Kepala PAUD Terpadu Negeri Pertiwi Martapura Nor Hilmah berharap, anak didiknya dapat mengenal dan menghargai budayanya untuk kemajuan khususnya Kalimantan Selatan dan Republik Indonesia pada umumnya. 

Selain itu, kegiatan karnaval pakaian adat nusantara itu diharapkan, sejak dini anak-anak telah memiliki cinta tanah air serta untuk menjalin tali silaturrahmi antara guru PAUD dan orang tua murid.

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan hadiah hiburan seluruh lomba yang dilaksanakan sabtu kemarin dengan jumlah pemenang 22 orang. (banjarkab)

Komentar