Anak-anak Menggemaskan



MARTAPURA TIMUR - Mengenakan berbagai kostum, mulai dari baju adat hingga aneka profesi, 484 anak dan 71 guru dari 16 Lembaga Kelompok Bermain se Kecamatan Martapura Timur ikuti Karnaval Budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Banjar dihalaman Kantor Kecamatan Martapura Timur, Senin ( 29/8/2022) pagi.


Karnaval yang digelar HIMPAUDI Kecamatan Martapura Timur bekerjasama dengan Kecamatan setempat ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa cinta anak usia dini terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan mengenal beragam pakaian adat dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia.


Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas yang melepas peserta karnaval mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.


"Mudah-mudahan karnaval seperti ini dapat dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar," ucapnya. 


Ditambahkan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK juga menjadi salah satu program penting Pokja 3 bidang Pendidikan di TP PKK Banjar.


Bunda PAUD Kabupaten Banjar ini juga berharap kepada seluruh stakeholder, aparat kecamatan maupun desa serta seluruh orang tua murid ikut berpartisipasi peduli dengan pendidikan karakter putra putri.


Menurutnya, usia emas anak harus di isi dengan hal-hal yang positif, karena merupakan satu modal mereka untuk menapaki pendidikan lebih lanjut dan mengiringi tumbuh kembangnya. 


" Saya berpesan hal yang terpenting adalah untuk memenuhi gizi anak-anak agar angka stunting di Kabupaten Banjar dapat berkurang," harap Bunda PAUD.


Rute yang ditempuh peserta karnaval dikatakan Camat Martapura Timur, tidak terlalu jauh mengingat para peserta masih anak-anak. 

" Start dari halalaman Kecamatan melewati Desa Mekar, belok pinggir sungai dan kembali lagi finish ke halaman Kantor Kecamatan jadi tidak terlalu jauh," ucapnya. 


Ia juga berharap kepqda orang tua dan guru agar dapat membimbing anak- anak, sehingga nantinya akan tumbuh kecintaannya terhadap budaya.


Turut hadir dalam acara ini Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Hj Nane Andriadne, Kabid PAUD Formal dan Non Formal Kabupaten Banjar, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Banjar, Bunda PAUD Kecamatan Martapura Timur, Pambakal beserta istri dan sejumlah undangan. 

Selain karnaval juga digelar Lomba Menari Profil Pelajar Pancasila untuk Guru PAUD yang diikuti 16 grup dari Lembaga Kelompok Bermain di Kecamatan Martapura Timur.

Komentar