GITAKU Roadshow ke Desa



BANJAR - Pemerintah hadir didaerah ini melaksanakan berbagai macam pelayanan masyarakat, terutama disektor kesehatan dan pendidikan. Menyentuh program-program di desa sehingga bisa bersinergi dan didukung pihak kecamatan sampai ke kabupaten.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas saat Roadshow Program Gerakan Bina Masyarakat Desa Berkualitas dan Unggul Maju Mandiri dan Agamis (GITAKU MANIS) di Desa Abumbun Kecamatan Sungai Tabuk, Selasa (18/7/2022) pagi.


Nurgita Tiyas menjelaskan roadshow GITAKU merupakan program yang dibentuk dari TP PKK Kabupaten Banjar untuk merangkum capaian 10 program pokok yang diperkuat oleh rekan-rekan SKPD.

"Untuk mewujudkan perjanjian kerjasama MoU yang sudah kami lakukan di periode kepemimpinan saya menjadi Ketua TP PKK mulai tahun 2021 lalu," ujarnya.

Dia berharap ini bisa menjadi evaluasi kerja sebagai pilot project untuk daerah-daerah lainnya agar segera melaksanakan pelayanan-pelayanan yang ada dalam GITAKU disetiap kecamatan dan desa.

"Setiap kecamatan dan desa tidak selalu sama programnya, bersifat dinamis mengikuti segala kebutuhan dari masyarakat setempat, misal Desa Abumbun Jaya dengan unggulan program agrowisatanya," jelas Nurgita.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar H Syahrialludin menambahkan, ia bersyukur roadshow GITAKU yang pertama berlangsung sukses dan disambut luar biasa oleh masyarakat.

"Program ini sudah kami canangkan setahun lalu yang sifatnya masih sosialisasi, dan hari ini roadshow ke desa ini. Kedepannya roadshow sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat," katanya.

Syahrialludin mengungkapkan, program ini sesuai dengan program SKPD dan disatukan, disini nampak kelihatan hasilnya dengan yang selama ini digelorakan, "bekerja bersama".

"Kami akan mengevaluasi untuk mengetahui progres hasilnya dan pasti ada perubahan yang lebih baik," ucapnya. 

Dikatakan, untuk sementara ada 5 SKPD dulu yang menjalankan, antara lain pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan dan pelayanan kependudukan dari Disdukcapil.

"Selanjutnya akan bertahap SKPD lainnya," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan sembako, susu, souvenir dan uang saku oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar didampingi Kepala Dinas PMD kepada perwakilan masyarakat.

Turut hadir Camat Sungai Tabuk Taufiqurrahman, Pambakal Desa Abumbun Jaya Taufik Hidayat, sejumlah Kepala SKPD, para Pambakal Kecamatan Sungai Tabuk, TP PKK Kecamatan Sungai Tabuk dan unsur Forkopimcam setempat. (banjarkab)

Komentar