Festival Budaya Banjar Semarak



BANJAR - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Banjar Tahun 2022 dan menghidupkan serta melestarikan adat dan budaya Banjar, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menggelar Festival Budaya Banjar Tahun 2022 di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa( 26/7/2022) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka kegiatan menginginkan event Festival Budaya Banjar dapat menggeliatkan dan menghidupkan ekonomi bagi para pelaku usaha kecil menengah.

Khususnya pegiat budaya dan usaha di bidang dekor dan tata rias pengantin yang ada di Kabupaten Banjar.

"Juga sentra perkebunan bunga lokal dan para perajin bogam melati, kalau selama ini belum ada event semacam ini, maka yang akan datang saya berharap dapat kita fasilitasi untuk dibina dan diberikan ruang berkarya," harap Saidi.

Ditambahkannya, Kabupaten Banjar sudah sangat dikenal dengan kebudayaan dan kesenian yang bernafaskan Islami.

"InsyaAllah dengan menggemakan syair dan lantunan salawat, melalui pembacaan syair maulid habsyi, sinoman hadrah dan rudat, masyarakat kita di Kabupaten Banjar akan selalu dalam suasana rukun dan aman berkah untuk semua," tambahnya.

Pembukaan Festival ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyie, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, Sekda Banjar HM Hilman dan unsur Forkopimda Banjar beserta istri.

Ditempat yang sama juga di launching program PETAH MANIS (Pelajar Tahfiz yang Maju, Mandiri dan Agamis), penyerahan Alquran secara simbolis kepada M Yasser Anggara S A, siswa SMPN 1 Martapura, penyerahan piagam penghargaan kepada anak muda kreatif Muhammad Isro Arrofiq pelopor desainer busana kreatif, Sufian Saufi  MUA, Penata Rias Tradisional Banjar Kreatif dan penyerahan hadiah Busana Adat Banjar terbaik kepada Camat beserta Ketua TPP PKK Kecamatan oleh Bupati Banjar didampingi istri.

Turut hadir dalam acara ini para asisten, staf ahli, para kepala SKPD, Direktur Perusda, para camat se Kabupaten Banjar beserta istri, para tokoh budaya dan masyarakat. (banjarkab)

Komentar