Ke Alalak Padang 2 Jam, Akses Jalan Sebagian Rusak Parah

Riza Dauly


BANJAR - Dari Martapura dari jalur Martapura Lama menuju Desa Alalak Padang Kecamatan Cintapuri Darussalam ternyata membutuhkan waktu dua jaman. Hal ini karena sebagian ruas jalan menuju desa tersebut, mengalami rusak berat.

Hal itu diakui pula oleh Pembakal Alalak Padang, Anang Syahrun baru-baru tadi. "Kalau melalui Martapura Lama, kemudian Desa Simpang Lima, Karya Makmur menuju desa kami, memerlukan waktu tempuh dua jaman, meski jaraknya cuma sekitar 20-an kilometer. Sebagian ruas jalan rusak memang, akibat banjir besar 2021 lalu," tukasnya.

Memang ada jalur biasa dilalui, yang tembus Mataraman, ke Jl A Yani, namun, aksesnya juga sulit dan bahkan lebih parah. "Padahal jalurnya lebih pendek, namun mengalami rusak parah," jelasnya.

Alhasil, mobil dipastikan tidak bisa melalui jalur yang tembus ke Desa Surian itu.
Makanya, kami berharap, jalan ke desa kami bisa diperbaiki, setidaknya perkerasan, agar warga kami bisa mudah untuk beraktivitas keluar dan masuk desa," harap Taupik, senada dengan harapan pembakal.

Sementara itu, Plt Kadis PUPRP Banjar, Riza Dauly mengakui bahwa banyak memang ruas jalan di kawasan Cintapuri dan kecamatan lainnya yang memerlukan perbaikan.

"Memang pasca banjir besar tahun lalu, banyak ruas jalan yang mengalami kerusakan parah, dan kita coba mengatasinya meski secara bertahap. Untuk Alalak Padang insya Allah akan diperbaiki," jelasnya.

Ia mengakui Pemka


b Banjar saat ini memang kekurangan dana untuk merevitalisasi beberapa ruas jalan kabupaten, maupun kecamatan. "Kita terus intensif menjalin komunikasi dengan PUPR Kalsel dan juga kementerian di pusat, guna membantu penanganan jalan rusak ini," akunya.

Menurutnya, untuk wilayah seluas Kabupaten Banjar dan jalan-jalan yang cukup panjang, penanganannya tak cukup cuma kabupaten, sehingga memerlukan sokongan provinsi melalui APBD Kalsel hingga bantuan kementerian melalui DAK. (ap)



 

Komentar