Bupati Banjar Raih Penghargaan Nasional



JAKARTA - Komitmen Bupati Banjar H Saidi Mansyur terhadap terselenggaranya  layanan pengaduan masyarakat mendapat apresiasi besar dari pemerintah pusat.

Pemerintah Kabupaten Banjar yang mengusung Lapor Manis menerima anugerah Top 30 Sistem Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional (SP4N) Lapor ke-4 Tahun 2021, kategori Instansi Pemerintah.

Penghargaan diserahkan oleh Sekretariat Kepresidenan dan diterima langsung oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur, di Ritz Carlton Hotel Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Lapor Manis Pemkab Banjar termasuk di kategori Instansi pemerintah umum bersama 29 pemerintah daerah lainnya.

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB Diah Natalia menjelaskan, Kompetisi SP4N Lapor yang diselenggarakan oleh KementerianPANRB, Kemendagri Kementerian Kominfo, Kantor Staf Presiden dan Ombusman RI menghasilkan 51 layanan pengaduan terbaik.

Pendaftaran penilaian mulai 17 Februari 2022. Dari 759 lembaga, kementerian dan daerah yang mendaftar diseleksi secara administratif. Akhirnya diperoleh 51 pelayanan aduan terbaik, salah satunya Lapor Manis Kabupaten Banjar.

Bupati Saidi Mansyur menyatakan syukur atas penghargaan yang diterima Kabupaten Banjar dalam layanan aduan masyarakat.
Menurutnya, penghargaan ini merupakan komitmen seluruh SKPD dalam melayani masyarakat dengan baik.

“Kita patut bangga karena dari 759 instansi pemerintah, kita termasuk 30 terbaik dalam pengelolaan Lapor ini,” ujarnya.

Sementara Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar HM Aidil Basith menjelaskan,  laporan pengaduan disampaikan kepada bupati setiap pekan untuk dievaluasi.

Selain itu dalam instruksi bupati bagi SKPD yang tak memberikan tanggapan atas aduan masyarakat sesuai batas waktu yang diberikan, maka akan dikenakan sanksi berupa penundaan tunjangan.

“Selain itu untuk mengenalkan aduan Lapor Manis kita juga sudah mensosialisasikannya kepada masyarakat, termasuk ke santri melalui program Lapor manis goes to Pesantren,” imbuhnya. (banjarkab)

Komentar