Anak-anak Perlu Mengenal Pentingnya Kebun



BANJAR - Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menargetkan, akan melakukan edukasi terhadap anak-anak PAUD dan SD se Kabupaten Banjar untuk bisa bermain, menikmati dan  memahami budaya berkebun. 

Hal tersebut diungkapkannya saat menggelar silaturahmi sekaligus panen bersama di kebun milik TP PKK dengan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, di kawasan Indrasari Martapura, Jumat (10/6/2022) sore. 

Dikatakan, saat ini pihaknya sedang merancang bagaimana terkait dengan manajemen, aturan dan keamanan bagi para pengunjung. 

"Selama ini belum pernah dibuka untuk umum, insya Allah gratis," ujarnya. 

Nurgita Tiyas menargetkan edukasi bagi anak PAUD dan SD tersebut bisa dimulai tahun 2022 ini. 

Mungkin nanti bertahap, kita menggelar even dulu disini, tergantung organisasi dan dinas berkolaborasi, saya ingin secepatnya,"  ucapnya. 

Dia juga prihatin dengan keadaan anak-anak yang lama tidak bisa bermain dan belajar di luar lantaran pandemi Covid-19 yang masih terjadi. 

"Kita doakan saja, semoga pandemi ini benar-benar berakhir," pintanya. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Dondit Bekti mengaku siap dengan program GITAKU terkait edukasi tersebut. 

"Arahnya ke edukasi, kami siap, baik lahan, bibit pupuk dan sebagainya. Meskipun cuaca tidak bisa diprediksi, namun untuk tanaman ringan seperti sekarang ini Insyaaallah bisa," ucapnya.

Kegiatan panen bersama dikebun dengan luasan 0,6 hektar ini cukup ramai, terlebih banyaknya jenis tanaman yang sudah layak panen, seperti labu putih, kacang panjang, jagung, timun suri dan semangka. (banjarkab)

Komentar