Tanah Terpencil Itu Miliaran Nilainya

Manan (kiri depan)


MANAN (55) menjadi salah seorang yang beruntung. Tanah miliknya laku hampir satu miliar meski kurang 1 hektar. Berkat itu, ia dan istrinya segera ke Tanah Suci melaksanakan ibadah umroh.

"Dulu tahun 1997 tanah 50 meter kali 177 meter itu saya belinya 1,5 juta saja. Sekarang laku 925 juta. Saya dan istri langsung memesan tiket umroh setelah mengeluarkan zakat kepada yang berhak menerima atas bimbingan Tuan Guru," ujar Manan kepada APTour, Sabtu (22/5/2022).

Ia dan sejumlah famili juga kebetulan bareng pergi umroh dengan travel PT Kamilah Kalsel dalam waktu dekat. Hal itu dibenarkan oleh H Sayuti, tokoh warga Bincau Martapura yang masih sepupu dengan Manan.

Ternyata tanah yang laku itu berada di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara yang cuma berjarak setengah pal dari Titik Nol Ibu Kota Negara Nusantara.

Menurut Manan, dahulu sebelum ada wacana IKN oleh Presiden Jokowi, dia pernah menawarkan tanah itu seharga 125 juta rupiah, namun tak pernah ada yang berminat.

Belakangan begitu IKN mencuat, ia dengan memejamkan mata menawarkan tanahnya itu satu miliar rupiah. "Sebenarnya meletakkan harga begitu karena memang tak berniat menjualnya. Tak disangka ternyata ada yang mengontak, sehingga sampai terjadi kesepakatan jual beli," kisahnya.

Manan sejatinya adalah warga HST yang sejak lama hijrah ke Kaltim mencari peruntungan sebagai tukang kayu karena kawasan itu memang kawasan hutan industri.

Tak disangka tan dinyana nasib seorang tukang kayu di tengah hutan yang konon masih angker itu, menjadi miliarder berkat adanya IKN Nusantara.

"Kini tanah-tanah di sana sudah banyak yang laku dibeli orang-orang berduit hingga artis dari Jakarta. Kata warga kami ada yang sudah dimiliki Inul Daratista dan artis-artis berduit lainnya," ucapnya polos.

Sebelum berangkat umroh Manan dan jemaah lainnya sejumlah 300-an dibimbing manasiknya oleh Tuan Guru Husin Qadri asal Batola. 

Jika Allah SWT menghendaki, tidak akan ada yang menyangka. Semoga Allah merahmati dan menjadikan yang terbaik bagi Manan dan jemaah umroh. Aamiin.

Komentar