Banjar Siap Ops Ketupat Intan Amankan Mudik Lebaran



BANJAR - Bupati Banjar H Saidi Mansyur pimpin apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat Ketupat Intan Tahun 2022, dihalaman Mapolres Banjar, Martapura, Jumat (22/4/2022) pagi.

Saat memimpin pasukan, Bupati Banjar Saidi Mansyur didampingi Kapolres Banjar Doni Hadi Santoso, Dandim 1006 Banjar Imam Muchtarom dan Kajari Banjar Muhammad Bardan. Apel juga diikuti oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, TNI / Polri, Dishub  Satpol PP, pramuka dan relawan EBR.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya yang disampaikan Bupati Banjar mengatakan, kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah agar masyarakat dapat melaksanakan idul fitri 1443 H harus disikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran Covid -19 tidak mengalami peningkatan.

"Strategi penguatan dalam pengendalian penyebaran Covid -19 menjelang, pada saat dan sesudah Idul Fitri harus dapat dilaksanakan dengan baik," ucapnya.

Dengan langkah memberikan imbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat prokes 3 M. Mendorong pengelola tempat wisata untuk memastikan aplikasi peduli lindungi terpasang, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Satgas Covid -19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri, dengan melakukan tes Antigen secara acak di tempat keramaian.

Dikatakannya, Operasi Ketupat Intan 2022 dilaksanakan selama 12 hari, dimulai 28 April sampai 9 Mei 2022, dengan fokus pengamanan 101.700 objek di seluruh Indonesia.

"Melibatkan 144.392 personel gabungan TNI/Polri dan dinas terkait yang akan ditempatkan di 1.071 pos pengamanan ,734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu," rincinya.

Ia mengharapkan dalam pelaksanaan operasi nantinya semua pihak harus bersinergi dan bergandengan tangan agar umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan khusyu dan puncaknya perayaan Idul Fitri serta masyarakat mudik dapat berjalan lancar aman dan sehat. (banjarkab)

Komentar