Unggulan Pertama Tumbang di Tangan Monfils



PETENIS berkebangsaan Perancis menggunakan performa tersebut untuk menundukkan petenis peringkat 1 dunia, Daniil Medvedev dan dengan kekalahan tersebut, ia terpaksa harus mengembalikan posisi tersebut kepada Novak Djokovic pada pekan depan.
Kemenangan 4-6, 6-3, 6-1 menempatkan petenis unggulan ke-26 di babak keempat BNP Paribas Open.

“Saya memainkan permainan yang menakjubkan. Saya tahu saya berada dalam kondisi prima dan sulit untuk dikalahkan. Terasa selalu istimewa mengalahkan petenis peringkat 1 dunia,” seru Monfils yang kalah setelah menciptakan tiga peluang match point melawan petenis peringkat 1 dunia saat itu, Djokovic di semifinal Dubai musim 2020.

Setelah hanya berkompetisi sebanyak satu kali pada bulan Februari, petenis berkebangsaan Perancis memetik kemenangan pertama sejak Australian Open melawan Filip Krajinovic. Ia mempertahankan hal tersebut dengan performa memukau. Permainan bebas dan menarik membuat para penonton berdecak kagum terhadapnya.

“Saya bergerak dengan baik. Saya memukul bola dengan sangat akurat dan saya penuh percaya diri. Jadi, saya akan berusaha untuk mempertahankannya,” tutur Monfils.

Setelah akhir yang tidak meyakinkan di set pertama, petenis berkebangsaan Perancis menemukan senjata baru di sisa pertandingan yang bertahan selama 2 jam 4 menit. Medvedev memenangkan 11 poin terakhir di set pertama, lalu menciptakan peluang break point di game pertama set kedua sebelum pertandingan berbalik arah.

Tampil agresif di sepanjang pertandingan, petenis unggulan ke-26 mulai tampil lebih konsisten dengan permainan baseline yang impresif. Medvedev tampil lebih baik di rally-rally panjang pada awal pertandingan, tetapi petenis berkebangsaan Perancis mampu mengatasi petenis peringkat 1 dunia seiring dengan berjalannya pertandingan.

Petenis unggulan ke-26 menggunakan dua peluang break point untuk mengontrol set kedua sebelum memaksakan set penentu. Ia bahkan mengawali set penentu dengan keunggulan 4-0, sementara level permainan petenis unggulan pertama malah menurun setelah ia acapkali melakukan kesalahan. Ia pun tidak lagi menjadi ancaman bagi petenis unggulan ke-26 yang mengkonversi peluang match point keenam untuk bertahan di BNP Paribas Open.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan kedua petenis berkebangsaan Perancis atas petenis peringkat 1 dunia setelah ia menundukkan Rafael Nadal di Doha musim 2009.

Menantikan Monfils di babak keempat BNP Paribas Open adalah petenis unggulan ke-19, Carlos Alcaraz.

“Itu akan menjadi pertandingan sengit. Ia berada dalam performa yang mengagumkan, jadi, saya harus memaikan permainan saya dan tetap tangguh,” tukas Monfils.

Sementara Nadal melaju ke 16 besar Indian Wells setelah menang atas Daniel Evans (Inggris). Petenis Spanyol itu menang dua set langsung 7-5, 6-3. Selanjutnya peraih 21 gelar grand slam akan menghadapi pemenang antara Denis Shapovalov melawan Reilly Opelka. (atptour)

Monfils. (atptour)

Komentar