Ronaldo dan Messi Masuk 6 Penampil Terbanyak di Piala Dunia




CRISTIANO Ronaldo dan Lionel Messi mengukir rekor baru sebagai pemain yang tampil di lima edisi Piala Dunia bersama empat pemain lainnya.

Sejak Piala Dunia pertama kali digelar pada 1930, hanya lima nama yang pernah tampil di lima edisi. Kualitas dan stamina jadi modal bagi pemain yang mampu bermain konsisten di level tertinggi.

Berikut 6 pemain yang tampil di 5 Piala Dunia:

1. Ronaldo
Ronaldo memastikan jadi pemain teranyar yang berpeluang tampil di turnamen sepak bola terakbar setelah sukses mengantar Portugal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Perjuangan Ronaldo bersama timnas Portugal tak mudah karena harus melewati babak playoff zona Eropa. Tim Samba Eropa harus berjuang melawan dua tim lain untuk memastikan satu tempat di Qatar.

Portugal lebih dulu menang 3-1 atas Turki sebelum megandaskan tim kejutan Makedonia Utara dengan skor 2-0 di final playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Makedonia sukses mengalahkan Italia di semifinal.

Jika tak mengalami kendala hingga 21 November mendatang, CR7 akan menjadi pemain keempat yang tampil di lima edisi Piala Dunia. Sebelumnya, ia tercatat bermain di Piala Dunia 2006 hingga 2018 dengan koleksi tujuh gol dari 17 penampilan.


2. Lionel Messi
Messi lebih dulu mengantar Argentina lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 sejak 16 November 2021. Sama seperti Ronaldo, Messi juga sudah tampil di empat edisi sebelumnya mulai 2006 hingga 2018.

Sejauh ini Messi sudah melakoni 19 pertandingan di Piala Dunia dengan catatan enam gol dan lima assist. Namun, ia belum pernah menggenggam trofi Piala Dunia. Prestasi terbaik Messi hanya finis sebagai runner up di Piala Dunia 2014.

La Pulga disebut-sebut bakal pensiun dari timnas Argentina usai tampil di Piala Dunia 2022. Ia berambisi untuk menutup karier internasionalnya dengan mengantar Tim Tango juara di Qatar.

Dengan usia 34 tahun, Messi diyakini tak akan mampu bersaing hingga Piala Dunia 2026. Begitu pula dengan Ronaldo yang sudah menginjak 37 tahun.

Jika tak ada aral melintang, Messi akan memimpin Argentina untuk merebut trofi Piala Dunia 2022 yang akan dihelat mulai 21 November mendatang.

3. Lothar Matthaeus
Gelandang legendaris timnas Jerman, Lothar Matthaeus lebih dulu masuk daftar pemain paling sering tampil di Piala Dunia. Ia telah bermain di lima edisi secara berturut-turut sejak Piala Dunia 1982 hingga Piala Dunia 1998.

Dari seluruh edisi Piala Dunia yang telah dilakoni, Matthaeus telah bermain dalam 25 pertandingan dan mencetak 6 gol. Ia ikut mengantar Jerman juara di Piala Dunia 1990 Italia.

4. Antonio Carbajal
Kiper timnas Meksiko ini memiliki rekor penampilan di Piala Dunia yang menyamai Lothar Matthaeus, yakni bermain di lima edisi Piala Dunia.

Penampilan Carbajal dimulai pada Piala Dunia 1950 hingga 1966. Namun, Carbajal hanya mencatatkan 11 pertandingan di Piala Dunia jauh tertinggal dari Matthaeus yang mengantongi 25 caps.

5. Gianluigi Buffon
Sepanjang kariernya, Buffon tercatat ikut serta di lima Piala Dunia. Bahkan, ia bisa mencetak rekor keikutsertaan di enam edisi Piala Dunia jika Italia lolos pada 2018.

Keikutsertaan Buffon di Piala Dunia dimulai pada tahun 1998. Di usia 19 tahun, ia menjadi pelapis bagi kiper legendaris Italia, Gianluca Pagliuca. Walau ikut serta di Piala Dunia 1998, ia tak mencatatkan penampilan di sana.

6. Rafael Marquez
Legenda timnas Meksiko ini pun sudah mencicipi lima edisi Piala Dunia. Mantan pemain Barcelona itu masuk dalam skuad Meksiko sejak edisi Korea Selatan-Jepang di tahun 2002.

Penampilan terakhirnya di Piala Dunia terjadi di Rusia pada 2018. Meski hanya tampil sebagai pemain pengganti, Marquez masuk dalam jajaran pemain elite yang tampil di lima panggung Piala Dunia. (cnnindonesia)

Komentar