Pembangunan IKN Nusantara Tahap I Dimulai Tahun Ini


IKN Nusantara. (sindonews)


RENCANA pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tahap pertama, akan dimulai yaitu periode 2022-2024. Pembangunan dibagi menjadi tiga bagian kerja. Ketiganya ialah pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur, dan pembangunan ekonomi.

"Alur kerja pengembangan kota terdiri dari kegiatan yang berkaitan dengan rencana tata kota dan relokasi pemerintahan," jelas Lampiran II UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN, dikutip dari Antara, Minggu (20/2/2022).

Pada 2022-2023 akan dimulai pembangunan tahap awal di sebagian kawasan induk pusat pemerintahan (KIPP). Untuk tahap satu akan dibangun perumahan ASN, TNI, Polri, dan BIN. Perumahan dibentuk dalam bentuk rumah tapak mau pun unit apartemen.

Fasilitas lain juga dibangun untuk mendukung konstruksi tahap awal pemindahan, seperti sarana peribadatan, pasar, hingga akomodasi makan dan minum.

Sedangkan pada awal 2023 sampai 2025 dan selanjutnya, pembangunan fasilitas penelitian dan pengembangan akan dimulai, meliputi perguruan tinggi kelas dunia, lembaga pendidikan sepanjang hayat, pusat inovasi, fasilitas kesehatan, dan rumah sakit internasional.

Kemudian, relokasi penduduk bakal dimulai dengan TNI, Polri, dan BIN pada 2023. Lalu, relokasi representasi badan eksekutif, legislatif, yudikatif, serta ASN akan dimulai pada awal 2024.

Pembangunan tahap pertama selesai ketika ASN mulai dipindahkan ke IKN. Sebelum perpindahan, IKN didominasi oleh pekerja konstruksi dan pertahanan keamanan.

Tahap pembangunan dibuat sejalan dengan resminya RUU IKN diundangkan menjadi UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (cnnindonesia)

Komentar