Nadal Juara Grand Slam ke-21

Nadal


BERKAT gelar Grand Slam Australia Open yang baru diraih. Kini Rafael Nadal mentasbihkan diri sebagai petenis tunggal putra terbaik saat ini dengan 21 gelar Grand Slam.

Kemenangan ketat atas Daniil Medvedev 2-6, 6-7, 6-4, 6-4, 7-5, Minggu (30/1/2022) di Melbourne Australia memastikan gelar ke-2 petenis Spanyol itu di Australia Open. Jika ditotal keseluruhan gelar Grand Slam yang dimiliki Nadal sebanyak 21. 

Sedangkan kompetitornya yakni Novak Djokovic (Serbia) dan Roger Federer (Swiss) tertahan masing-masing di angka 20.

Medvedev asal Rusia awalnya diharap sebagian pecinta tenis sebagai penghalang rekor Nadal. Sebagaimana dilakukan Meddy di Amerika Serikat Terbuka akhir 2021 lalu yang menjadi batu sandungan Djokovic membuat rekor baru.

Ternyata Nadal lah yang berhasil membuat rekor terbanyak juara Grand Slam di even yang justru tidak diikuti Djoker maupun Federer.

Novak batal ikut karena terbentur aturan vaksin. Sedangkan Federer masih sibuk menyembuhkan cedera lututnya. 

Jalannya partai final seolah Medvedev diambang juara setelah secara meyakinkan merebut dua set awal. Namun, berikutnya kendali permainan justru berada pada petenis 35 tahun.

Drama kembali terjadi karena Medvedev kembali marah-marah ke arah wasit. Padahal sebelumnya ia sudah didenda ketika di semifinal juga memarahi wasit.

Menurut para pengamat, sikap Medvedev yang dianggap berlebihan itu justru menjadi antiklimaks bagi permainannya sendiri.


Sepertinya secara mentalitas petenis muda belum begitu siap menjadi pesaing The Big 3 seperti Nadal, Djokovic dan Federer.

Komentar