Eksekutif Banjar Tanggapi Positif Gambut Raya

Audiensi Bupati Banjar Saidi Mansyur dengan panitia Gambut Raya



BANJAR - Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Sekda Banjar HM Hilman secara umum menyambut positif para tokoh pencetus Gambut Raya.

Acara audiensi di Mahligai Sultan Adam berlangsung dengan penuh kekeluargaan. Ketua panitia penuntutan Supian HK juga para tokoh seperti Syahruji, Aspihani Ideris, Yunani, Taufik Arbain dll tampak sumringah dengan kehangatan petinggi Pemkab Banjar.

Supian HK yang juga Ketua DPRD Kalsel ini mengatakan eksekutif cukup terbuka dan menyambut positif harapan pihaknya guna pemekaran Gambut Raya.

"Tinggal surat resmi dan juga persetujuan DPRD Banjar guna dilanjutkan pengusulan ke Mendagri," ujar Supian.


Sementara Hilman mengatakan bahwa pengusulan tentu melalui proses permohonan tertulis dari panitia Gambut Raya ke eksekutif dan legislatif.

"Bila semua sudah sepakat setuju baru lah diusulkan ke Mendagri. Prosesnya memang begitu. Memang panitia Gambut Raya sudah melakukan penelitian melibatkan ULM. Kalau nanti proses itu sampai ke Mendagri tentu Mendagri juga meneliti apakah pemekaran tidak akan merugikan kabupaten induk. Setelah pemekaran nanti dikalkulasi bisa kah kabupaten pemekaran menjadi mandiri. Proses ini semoga berjalan baik," ujarnya.


Sementara Taufik Arbain satu punggawa peneliti dari ULM mengatakan bahwa 98 persen lebih warga Gambut Raya setuju dimekarkan.

Selain itu dari segi jumlah kecamatan mesti minimal lima sudah tercukupi (bahkan ada enam). "Dari segi penduduk juga sudah di atas 200 ribu," cetusnya.

Komentar