Dibantu BIN, Vaksinasi di Banjar Dikebut




BANJAR - Dilatarbelakangi masih rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten Banjar, Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan pemda setempat berupaya membantu agar akhir tahun ini, target 70 persen bisa tercapai dengan baik. 

Vaksinasi yang dilaksanakan oleh BIN sudah yang kesekian kalinya. Bahkan, mereka berhasil melaksanakannya di berbagai kecamatan. Sebagai contoh di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Rabu (15/12/2021 kemarin.

Giat BIN memvaksin pelajar juga warga ini langsung dipantau oleh Wakil Bupati Kabupaten Banjar Said Idrus Al Habsiye untuk melihat pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Banjar untuk memenuhi target dari presiden Joko Widodo.

Wakil Bupati Kabupaten Banjar mengharap vaksinasi yang dilaksanakan di MTsN Gambut oleh BIN tercapai dengan target 1.000 orang. “Diharap Kabupaten Banjar bisa mencapai target 70 persen. Saya sangat mengapresiasi kerjasama pelaksanaan vaksinasi ini,” ujar Said Idrus.

Vaksinasi ini merupakan dosis 2  bagi pelajar dan masyarakat penerima vaksinasi Sinovac oleh BIN pada 17 November 2021 lalu di MTsN 1 Banjar Kecamatan Gambut dan MA Darul Imad Kecamatan Tatah Makmur. Meski demikian, ternyata juga terdapat peserta vaksinasi dosis 1.


Vaksinasi di MTsN 1 Banjar dipusatkan di MTsN 1 Banjar. Total peserta vaksinasi  mencapai 922 org terdiri 649 penerima dosis 2 dan 273 penerima dosis 1 dengan jenis vaksin Sinovac dan Pfizer. Peserta vaksin terdiri siswa MTsN 1 Banjar, SMPN 1 Gambut, SMPN 3 Gambut, SMAN 1 Gambut serta masyarakat sekitar sekolah dan orang tua murid.

Sementara vaksinasi di MA Darul Imad Tatah Makmur diikuti 349 siswa MA Darul Imad dan MTs Inayatul Marzuki, sebanyak 311 diantaranya merupakan penerima dosis 2.

Dari data, BIN sebenarnya telah memulai rangkaian vaksinasi dosis 2 pada 8 Desember 2021, yaitu dosis 2 pelajar penerima vaksin 17 November 2021. Diketahui, Pfizer yang memiliki interval waktu untuk dosis 2 lebih pendek dibanding Sinovac. BIN pada 8 Desember 2021 memberikan dosis 2 Pfizer bagi pelajar SMKN 1 Gambut, MAN 3 Banjar dan SMK Gema Kalimantan.

BIN Kalimantan Selatan terus bergerak turun ke desa-desa di pedalaman di Kabupaten Banjar dalam rangka melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat, untuk mengejar target capaian vaksinasi hingga 70 persen sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Kepala BIN Kalsel, Brigjen Pol Dr Heri Armanto S SH MSi, melalui Kabag Ops Drs Supriyono menjelaskan, BIN Daerah Kalsel menargetkan pelaksanaan Vaksinasi di Kabupaten Banjar untuk Bulan Desember 2021 ini sebanyak 5.800 sasaran untuk dosis 1 dan 2.

“Dalam Desember ini kita alokasikan vaksinasi untuk Kabupaten Banjar sebanyak 5.800 sasaran dosis 1 dan 2,” jelasnya.  Selain itu, BIN juga menyasar daerah pedalaman yang lokasinya jauh dari lokasi vaksin umum, baik puskesmas di kecamatan maupun rumah sakit.

Kepala Desa Sungai Jati, Mahyuni menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN yang telah menyelenggarakan vaksinasi di desanya karena sangat membantu warga yang terkendala jauhnya fasilitas kesehatan.

Selain di Kabupaten Banjar, BIN Daerah Kalsel juga menyelenggarakan vaksinasi di 12 kabupaten/kota lain di Kalimantan Selatan dengan total 37.000 sasaran dosis 1 dan dosis 2. Sampai saat ini, Banjar sudah mencapai 46 persen warga sudah divaksin.

Komentar