Makam Buyut Datu Kalampayan Berhasil Dipindahkan





“ALHAMDULILLAH acara pemindahan berjalan dengan lancar,” kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, yang menghadiri langsung kegiatan itu.

Bupati Kotawaringin Timur H Halikinnor, didampingi zuriat Al-alimul Allamaah Syeh H Hamid (Buyut Datu Kelampayan), berdoa di makam yang telah dipindahkan di Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, Kalteng, Rabu (15/9/2021).


Selanjutnya, seperti yang telah direncanakan pemerintah daerah akan membangun fasilitas di sekitar kubah yang baru, dan pada lokasi tersebut dipastikan menjadi kawasan wisata religius di Pantai Ujung Pandaran.



“Saya berharap untuk kedepannya, semoga bisa memudahkan masyarakat untuk berziarah,” tutupnya.

Beberapa waktu lalu makam ulama Kotim di Ujung Pandaran tersebut terkena dampak abrasi parah. Kubah mengalami kerusakan.


Demi menyelamatkan aset berharga wisata religi yang memang banyak dikunjungi peziarah maka disepakati makam dipindahkan ke lokasi yang lebih aman dan jauh dari abrasi. 

Ada beberapa hari puluhan petugas mengupayakan penggalian dan upaya pemindahan makam. Setelah berhasil peti jenazah dibawa dengan kelotok perahu mesin menyeberang ke darat.

Ratusan warga menyambut dengan lantunan shalawat. (beritasampit)

Komentar