Alcaraz Lolos 8 Besar US Open

Carlos Alcaraz. (atptour)


REMAJA 18 tahun asal Spanyol Carlos Alcaraz menjadi perempat finalis AS Terbuka termuda di Era Terbuka setelah mengakhiri laju petenis kualifikasi Peter Gojowczyk dalam lima set di Flushing Meadows pada Minggu malam.

Dua hari setelah dia menghempaskan Stefanos Tsitsipas untuk menjadi pemain termuda yang mengalahkan pemain Top 3 di AS Terbuka, pemain berusia 18 tahun itu mengamankan kemenangan lima set berturut-turut untuk pertama kalinya dalam karirnya untuk maju 5 set. 5-7, 6-1, 5-7, 6-2, 6-0. Andalan Spanyol itu mengakhiri pertandingan dengan 35 winner – lima lebih banyak dari lawannya – dan 45 unforced error-nya 39 lebih sedikit dari pemain Jerman itu.

Alcaraz melakukan servis untuk set pembuka pada kedudukan 5-4 hanya untuk dipatahkan dan penundaan singkat karena kabut tidak memperlambat momentum petenis Jerman itu. Peter meraih tiga game berturut-turut dan merebut set pembuka pada break ketujuh.

Tidak ada ancaman kekecewaan dari Alcaraz karena membiarkan set pertama terlepas dari genggamannya saat ia segera mematahkan servis untuk mengatur ritme set kedua. Ketika kesalahan ganda dari pemain Jerman itu membuat break ganda, Alcaraz menutup set hanya 31 menit.

Gojowczyk, yang mencapai peringkat terbaik dalam karir No. 39 di ATP Rankings tiga tahun lalu, tidak akan pergi dengan tenang. Meskipun ia gagal melakukan servis pada set ketiga pada kesempatan pertamanya, ia memanfaatkan kesempatan berikutnya untuk melakukan servis setelah menit ke-56.

Kedua pemain mendapat perawatan pada kaki kiri mereka jauh di set keempat dan setelah Alcaraz dengan susah payah memimpin 4-1, Gojowczyk tampak paling berjuang. Set kelima dipastikan ketika petenis Spanyol itu melakukan pukulan backhand winner berturut-turut untuk break tepat tiga jam permainan dan dia memegang kendali penuh saat set penentuan berlanjut.

Lolosnya ke perempat final Grand Slam perdananya disegel pada tiga jam, 26 menit. Ia akan menghadapi unggulan ke-12 Felix Auger-Aliassime (Kanada) yang menang atas petenis Amerika Frances Tiafoe. 

Petenis lolos ke perempat final lainnya ialah unggulan kedua Daniil Medvedev yang mengalahkan petenis Inggris Daniel Evans. Petenis Rusia itu selanjutnya berhadapan dengan petenis Belanda Botic Van de Zandschulp. Botic sebelumnya sukses menyudahi petenis Argentina Diego Schwartzman. (atptour)

Hasil 16 Besar:

- Daniil Medvedev v Daniel Evans 6-3 6-4 6-3

- Botic Van de Zandschulp v Diego Schwartzman 6-3 6-4 5-7 5-7 6-1

- Carlos Alcaraz v Peter Gojowczyk 5-7 6-1 5-7 6-2 6-0

- Felix Auger-Aliassime v Frances Tiafoe 4-6 6-2 7-6(6) 6-4


Order Play 16 Besar:

- Novak Djokovic v Jenson Brooksby

- Oscar Otte v Matteo Berrettini

- Alexander Zverev v Jannik Sinner

- Reilly Opelka v Lloyd Harris


Komentar