Sejak Konflik Mei, 200-an Warga Palestina Tewas

Konflik Palestina-Israel. (detik)


SEORANG remaja Palestina meninggal dunia sekitar dua bulan setelah terluka di leher akibat tembakan tentara Israel. Remaja berusia 17 tahun ini terkena tembakan dalam bentrokan di dekat kota Ramallah, Tepi Barat, sekitar dua bulan lalu.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press yang dikutip Detik, Selasa (27/7/2021), penembakan itu terjadi dalam salah satu bentrokan antara demonstran Palestina dan tentara Israel saat perang selama 11 hari pada Mei lalu berlangsung antara Israel dan Hamas.

Pernyataan otoritas kesehatan Palestina menyebut remaja bernama Youseff Nawaf (17) meninggal dunia pada Senin (26/7) waktu setempat, setelah mengalami luka-luka akibat tembakan tentara Israel pada 14 Mei lalu.

Tembakan itu mengenai bagian lehernya hingga merusak sumsum tulang belakang dan membuatnya kritis.

Menurut laporan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), sedikitnya 26 warga Palestina tewas di Tepi Barat selama pertempuran bulan Mei lalu. Sedikitnya 254 orang lainnya tewas di wilayah Gaza, termasuk 67 anak-anak dan 39 wanita. Di Israel, sedikitnya 12 warga sipil termasuk dua anak, dan seorang tentara tewas.

Pada Jumat (23/7) lalu, seorang remaja Palestina lainnya yang bernama Mohammed Tamimi dan berusia 17 tahun tewas usai ditembak tentara Israel dalam bentrokan di area Nebi Saleh.

Area itu menjadi lokasi unjuk rasa selama bertahun-tahun dalam menentang perluasan permukiman Israel di atas tanah yang diklaim warga Palestina sebagai tanah mereka.

Israel menggempur Gaza dengan serangan udara pada Minggu (25/7) waktu setempat, setelah serangan balon udara dilancarkan dari Gaza yang dikuasai Hamas. Serangan balon udara itu memicu kebakaran di wilayah Israel, namun tidak ada laporan korban luka.

Sumber keamanan Palestina menyebut gempuran udara Israel ditargetkan ke area terbuka di Gaza bagian utara dan sebuah lokasi pelatihan militan Hamas di Khan Younis.

Gempuran itu dilancarkan setelah Israel kembali mempersempit zona penangkapan ikan untuk nelayan Gaza, yang biasa dilakukan menyusul serangan proyektil dari Gaza. (detik)

Komentar

Advertorial Post