Ronaldo Samai Rekor Ali Daei 109 Gol Internasional


Cristiano Ronaldo. (afp)


BEBERAPA tahun rekor pencetak gol internasional sepakbola pria dipegang Ali Daei dengan torehan 109 biji. Mantan striker Iran itu, sekian lama sejak 2006 berada di puncak sendirian.

Daei, yang menjadi kapten Iran dan pensiun pada 2006 mengumpulkan 109 gol dalam 148 penampilan bersama Timnas.

Namun, Kamis (24/6/2021) dini hari, rekor itu berhasil disamai Cristiano Ronaldo berkat dua golnya ke gawang Prancis, dalam lanjutan Grup F Piala Eropa 2020. Dua gol itu juga membuat penyerang Timnas Portugal itu memuncaki daftar pencetak gol Piala Eropa dengan lima gol.

Hanya saja, mengingat Ronaldo yang sudah berusia 36 tahun ini masih aktif dan berlaga di babak 16 besar Piala Eropa, maka angka 109 ada kemungkinan masih bertambah. 

Jika bisa melewati torehan Ali Daei, maka dipastikan rekor gol internasional terbanyak dipegang Ronaldo.
Ali Daei, striker Iran yang pernah merumput di Bayern Munchen.


Ini berarti hampir semua rekor ada dalam genggaman Ronaldo, terkecuali juara Piala Dunia. Para pengamat memaklumi kalau Ronaldo sulit membawa timnya juara Piala Dunia mengingat materi pemain Portugal kurang merata. 

Hanya saja, dengan membawa Portugal juara Piala Eropa 2016 saja sudah membuat pembeda Ronaldo dengan pesaing terdekatnya, Lionel Messi. Betapa tidak, Messi sang kapten Timnas Argentina itu belum pernah mengantarkan tim senior Argentina juara meski tingkat regional apalagi Piala Dunia.

Syarat menjadi juara dunia memang sulit, sebuah tim tidak cukup mengandalkan seorang megabintang, karena persaingan yang sangat berat di level dunia, maka sebuah tim pun mesti memiliki materi pemain yang merata skilnya.


Komentar