20-an Rumah Rusak Diterjang Angin Ribut




BANJAR - Daerah Kabupaten Banjar berjuluk Teras Madinah mengalami musibah. Lebih dari 26 buah rumah warga di Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar, Kalsel rusak diterjang angin puting beliaung, Jumat (11/6/2021) sekitar pukul 16.35 Wita. 

Ada sejumlah desa di kecamatan tersebut yang terdampak, seperti Desa Hambuku tiga buah rumah rusak, Desa Keliling Benteng Ulu lebih sebuah rumah, Desa Keliling Benteng Tengah satu rumah, dan yang terparah dialami Desa Pengalaman 26 buah rumah rusak.

Beruntung dalam peristiwa yang mengejutkan ratusan warga ini, tak ada korban jiwa. Aparatur kecamatan pun segera sigap mendatangi lokasi dan memberikan bantuan pertama, seperti sembako dan tenda.


Dalam rilis Polres Banjar yang disampaikan Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo melalui Kabag Humas-nya Iptu Suwarji, pada Jumat (11/6/2021) sekira jam 16.35 Wita, telah terjadi angin puting beliung saat hujan deras dan angin kencang. Kejadian menimpa di Desa Keliling Benteng Tengah RT 3 Kecamatan Martapura Barat, menimpa rumah  Muhammad As. Rumahnya yang terbuat dari kayu utamanya bagian dapur rusak dengan kerugian ditaksir kurang lebih Rp1,5 juta.

Muhammad As kala itu sedang berada di dalam rumahnya bersama dengan anak dan istrinya. Tiba-tiba atap dapur rumah korban dari seng yang masih menyatu dengan kayu reng terbang. Begitu juga menimpa tetangganya, Badariah.


Sementara di Desa Keliling Benteng Ulu RT 9 rumah Abdul Muin juga rusak dinding dapurnya yang terbuat dari kayu dan atap sirap ulin. Kerugian ditaksir kurang lebih Rp4 jutaan. Muin sekitar pukul 16.00 Wita sedang berada di sawah bertanam padi bersama dengan istrinya. Saat itu juga ada hujan deras dan angin kencang mengenai dinding kayu dapur rumah korban yang mengakibatkan roboh sehingga sebagian atap sirap juga ikut lepas.

Ironisnya, serangan angin puting beliung yang hampir bersamaan menimpa Desa Penggalaman lebih dahsyat, karena merusakkan setidaknya 26 buah rumah. Kerusakan yang sedang didata aparatur kecamatan itu bervariasi mulai rusak ringan hingga berat. Bahkan, sejumlah rumah ada yang rusak total atau rubuh.

Komentar

Advertorial Post