Tren Covid Naik Jelang Hari Raya, Ops Ketupat Intan Diperketat



MARTAPURA - Kepolisian Resor Banjar melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Intan - 2021" bertempat di Mapolres Banjar, Rabu (5/5/2021) pukul 08.30 Wita.

Operasi Ketupat ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dari tingkat Mabes hingga kesatuan kewilayahan mulai tanggal 6 - 17 Mei 2021, guna menciptakan suasana yang aman dan kondusif selama Ramadan hingga menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H di masa pandemi Covid-19.

Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Intan - 2021" ini dipimpin oleh Sekda Kabupaten Banjar H Mokhammad Hilman ST MT.

Dalam amanat yang dibacakan, Sekda Banjar menyampaikan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan.

"Kasus Covid-19 di Indonesia meningkat sebesar 2,03 persen, disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat selama bulan suci Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri," ucap Hilman.

"Untuk menyikapi hal tersebut, pemerintah kembali mengambil kebijakan terkait larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini," lanjutnya.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat - 2021 selama 12 hari, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan cara penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan dengan memprioritaskan langkah-langkah preemtif dan preventif secara humanis.

Namun untuk penegakan hukum tetap dilaksanakan sebagai upaya terakhir ultimum remedium secara tegas dan profesional terhadap pelanggar protokol kesehatan yang sudah berulang kali serta oknum-oknum masyarakat yang menimbulkan dampak negatif kesehatan secara luas dan menciptakan klaster baru Covid-19.

"Tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan Operasi Ketupat ini adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19," pungkas Sekda Banjar. (hum)

Komentar