Djokovic Perkokoh Posisi 5 Besar


Nole. (atptour)


PETENIS peringkat 1 dunia Novak Djokovic merebut gelar ke-83 dalam karirnya pada Sabtu atau Minggu (30/5/2021) Wita dengan kemenangan di kandang sendiri di Belgrade Open (Beograd Terbuka).

Superstar Serbia itu kehilangan servisnya tiga kali pada set pertama sebelum mengubah permainannya untuk mengalahkan petenis kualifikasi Slovakia dan debutan finalis  ATP Alex Molcan 6-4, 6-3 dalam 88 menit di Novak Tennis Center.

“Sudah lama sejak terakhir kali saya bermain di sini di depan orang banyak,” kata Djokovic. “Kami bermain di sini satu bulan lalu (Serbia Terbuka), tanpa penonton. Memegang trofi di sini setelah 10 tahun benar-benar istimewa dan tidak bisa lebih baik dari Roland Garros. Saya bermain bagus, merasa baik dan saya menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga saya.”

Djokovic, yang meraih rekor mahkota Australia Terbuka kesembilan pada Februari, kini telah memenangkan tiga gelar di Beograd, termasuk dua di Serbia Terbuka pada 2009 dan 2011. Petenis berusia 34 tahun itu meningkatkan rekor 20-3 pada musim ini dan berikutnya ke GS Roland Garros Paris, di mana ia akan bermain di babak pertama melawan petenis Amerika Tennys Sandgren.

Molcan, yang saat ini menduduki peringkat 255 di rangking ATP, memenangkan enam dari tujuh poin pertama dan mematahkan servis Djokovic, memaksa favorit tuan rumah untuk bertarung keras. Dalam set pembuka selama 45 menit, yang menampilkan tujuh break servis, Djokovic dipaksa untuk mengubah permainannya, tetapi pukulan dan pengalamannya memang lebih unggul.

Setelah awal yang hingar bingar, set kedua berlanjut ketika Djokovic meningkatkan break untuk memimpin 4-2 setelah pukulan backhand Molcan melebar. Namun Molcan segera merespon dengan pukulan backhand, namun kehilangan servisnya untuk keenam kalinya dalam pertandingan tersebut setelah pukulan backhand volinya melebar.

Molcan yang berusia 23 tahun, yang berusaha menjadi juara ATP pertama kali kelima musim ini, datang ke turnamen ATP 250 minggu ini dengan rekor pertandingan tingkat tur 0-2.

“Saya merasa baik dan lelah,” kata Molcan. “Saya membuat final ATP pertama saya dari kualifikasi. Saya bermain tenis yang bagus di sini dan saya berjuang. Hari ini, saya mencoba juga, tetapi itu tidak cukup. Saya tidak bermain buruk, tetapi saya bermain melawan Djokovic dan Anda harus bermain dengan sangat baik. Mudah-mudahan, saya dapat terus memiliki kesempatan untuk bermain di level ini. Itu adalah pelajaran besar hari ini untuk bermain melawan Novak.” 

Sementara itu, di waktu yang sama tapi di turnamen berbeda, Sebastian Korda asal Amerika Serikat, berhasil mengklaim gelar perdananya di ATP, setelah di final Emilia-Romagna Open (Romana Terbuka), Parma, Italia, setelah mengalahkan petenis tuan rumah, Marco Cecchinato 6-2, 6-4. (atptour)


Pemegang Gelar ATP Terbanyak (Sejak April 1968)

Jimmy Connors  109
Roger Federer    103
Ivan Lendl            94
Rafael Nadal            88
Novak Djokovic    83

Komentar