Nadal Menapak Babak 16 Besar Australia Terbuka



MELBOURNE - Fabio Fognini dari Italia yang diunggulkan di posisi 16 melenggang ke babak 16 besar Australia Terbuka, Sabtu (13/2/2021) malam waktu setempat. Petenis flamboyan itu menang atas petenis tuan rumah Alex de Minaur.

Tak banyak yang bisa diharapkan dari Minaur, meski sudah mendapat dukungan publik sendiri meski terbatas sebagai bagian prokes Covid-19, tetap saja kurang membantu.

Remaja ini harus kalah straight set dari Fognini 4-6 3-6 4-6. Jadilah Fognini yang kontroversial saat beradu mulut dengan kompatriotnya Caruso menjadi penantang Rafael Nadal petenis nomor dua dunia.

Nadal sendiri berhasil melewati hadangan petenis Inggris Cameron Norrie dengan skor 7-5 6-2 7-5. Praktis Nadal hanya bermain agak mudah dan cuma sempat keteteran di set ketiga. Namun, berkat kesiapan fisik kebangkitan Norrie tidak menjadi masalah berarti bagi pemegang satu gelar Australia Terbuka perhelatan 2009.

"Saya ingin bermain bagus dan meraih gelar di sini. Karena ini turnamen tersulit yang pernah saya jalani," aku Nadal tentang ambisinya. Bila berhasil juara, pemegang raket Babolat ini akan melewati raihan Roger Federer sebagai pemegang gelar grand slam terbanyak tunggal putra. Keduanya masih berimbang sama-sama meraih 20 gelar.

Petenis yang lolos ke babak 16 besar, ada Dusan Lajovic (Serbia) yang menang atas Pedro Martinez (Spanyol) 6-7 7-5 6-1 6-1. Andrey Rublev menang atas Feliciano Lopez (Spanyol) straight set 7-5 6-2 6-3. Petenis Rusia ini di babak 16 besar akan ditantang Casper Ruud yang sebelumnya menyudahi Radu Albot 6-1 5-7 6-4 6-4.

Menarik, petenis Amerika Serikat non unggulan, Mackenzie McDonald maju ke babak 16 besar Australia Terbuka setelah menang atas Llod Harris (Afsel) 7-6 6-1 6-4. Dia sudah ditunggu petenis ganas Daniil Medvedev. Unggulan empat ini harus berjuang lima set mengalahkan petenis Kroasia Filip Krajinovic 6-3 6-3 4-6 3-6 6-0.

Sukses juga dirasakan Stefanos Tsitsipas (Yunani) yang menang atas Mikael Ymer (Swedia) 6-4 6-1 6-1. Partai lain, Matteo Berrettini (Italia) juga sukses ke babak selanjutnya setelah mengkandaskan Karen Kathchanov (Rusia) 7-6 7-6 7-6. Tsitsipas akan berhadapan dengan Berrettini di babak berikutnya. Diperkirakan pengamat ini menjadi partai yang menarik guna memperebutkan tiket ke delapan besar Australia Terbuka.




Komentar