Desa Sungai Rangas Tengah Punya Objek Wisata Baru Lho




WISATA Kabupaten Banjar semakin tahun semakin maju. Di masa kepemimpinan Kadisbudpar Banjar Haris Rifani sejumlah objek wisata di daerah ini terus dikembangkan. Inventarisir juga terus dilakukan untuk kemudian diupayakan pengembangannya. 

"Ini sebagai upaya kita untuk membantu memajukan ekonomi kemasyarakatan. Jika wisatawan lokal atau asing berdatangan, tentu akan menjadi nilai tambah bagi ekonomi masyarakat setempat. Wisatawan yang berbelanja di lokasi objek wisata tentu menjadi income bagi masyarakat setempat. Diharapkan seiring ekonomi setempat berputar maka esejahteraan masyarakat desa dekat objek wisata dapat juga terangkat," ujar Haris, baru-baru tadi.

Kini semakin banyak alternatif destinasi wisata yang wajib di kunjungi di Kabupaten Banjar salah satunya Destinasi Wisata Sungai Desa Sungai Rangas Tengah. Destinasi wisata ini di tahun 2020 telah berbenah dengan melengkapi berapa sarana dan prasarana penunjang sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.
 
Wisata ini menggabungkan dua antraksi yaitu wisata alam dan wisata budaya. Antraksi wisata alam memanjakan wisatawan melalui pengalaman menyisir pemandangan sungai melalui siring sungai, menyeberang sungai pakai getek, dan duduk santai di beberapa gazebo seberang sungai. Selain itu, pengunjung bisa merasakan pengalaman berjalan di atas titian sambil memberi makan ikan. Di seberang sungai juga dilengkapi spot foto dan arena bermain untuk anak anak. 


Sebelum pandemi, Beberapi kali tiap tahun di desa ini uga ada even budaya dan olahraga seperti balap jukung, jukung naga, dan lain-lain. Ke depan, ujar Haris, wisata sungai ini juga akan dikembangkan konsep wisata edukasi dengan muatan lokal.  "Mudahan ini terwujud, akan disiapkan arena berwisata sambil belajar dengan muatan lokal, seperti menanam padi, bakacal menangkap ikan, main badungsuran lumpur. Tanahnya sudah disiapkan oleh pemerintah desa. 

Wisata ini di kembangkan melalui peran aktif Pambakal dan pemerintah desa. Semangat gotong-royong warga setempat, dan dibantu pemerintah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk kesiapan adaptasi terhadap tatanan normal baru di masa pandemi Covid-19," bebernya.

Pemerintah juga membantu melalui bidang pemasaran untuk mensosialisasikan protokol kesehatan di lokasi wisata, dan dibantu beberapa peralatan penunjang protokol kesehatan dan kebersihan, termasuk panduan informasi kesehatan.

Sungai Rangas Tengah yang masuk Kecamatan Martapura Barat ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Martapura, hanya puluhan menit saja, sehingga sangat mudah dijangkau dan tak perlu ongkos yang mahal. Ayo, ini bisa menjadi pilihan bersantai bersama keluarga, rekan kerja di akhir pekan.

Komentar