Perdana KIR Bayar Secara Online



MARTAPURA - Terobosan baru dilakukan Dishub Banjar bersama Bank Kalsel. Penerimaan dari pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor (KIR) secara online di Kabupaten Banjar sudah bisa via online.

Hal itu dikabarkan Bupati Banjar H Khalilurrahman melalui Kadishub Banjar Aspihani di Terminal Gambut Km 17 Jl A Yani Kabupaten Banjar.

Sejumlah pejabat hadir yakni Dirops Bank Kalsel Ahmad Fatrya Putra, Kacab Bank Kalsel Martapura Iwan, Haris Santana juga perwakilan Balai Transportasi Darat Hadi.
Kabid Angkutan Darat Yusi Nihe, Kepala UPT PKB Jay dan lain-lain.

Pada laporannya Jay mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama tersebut dapat membantu masyarakat yang melakukan pengujian KIR. Selain pembayaran secara langsung ke loket juga menyediakan sistem online lewat banking. 

"Kita dapat meningkatkan pelayanan dan PAD. Kami mendukung program pemerintah pusat untuk tranparansi, akuntabilitas serta responabiliti.

Fatrya juga menyampaikan bahwa Bank Kalsel di tengah pandemi tetap berkontribusi kepada masyarakat. Sebagai penyedia layanan terpadu berbasis digital.  Sistem ini sebagai inovasi Bank Kalsel dan Pemda. "Ini akan segera dinikmati masyarakat begitu MoU ditandatangani. MoU sampai 2023.  Kemudahan, kecepatan dan transparansi ini yang penting," tukasnya.

Mewakili bupati, Kadishub Aspihani mengatakan bahwa 
Bupati Banjar merasa bahagia dan menyambut baik kerjasama ini. "Ini penting meningkatkan PAD dan beedampak positif bagi pembangunan. Akuntabilitas transportasi dan responabiliti harus kita kedepankan," tegasnya.

Aspihani menginfokan bahwa tes kendaraan layak apa tidak untuk niaga atau barang juga penumpang sangat perlu demi keselamatan bersama di jalan. "Pembayaran secara online agar mudah dan cepat namun mutu tetap terjaga. Kerjasama ini tentu diharapkan dapat semakin bisa dipertanggungjawabkan," harapnya.


Sekarang warga bisa langsung bayar ke payment yang berasal dari para staf Bank Kalsel. 

"Kendala tentu masih ada karena tahap penyesuaian.
KIR sekitar 500 juta setahun syukur kalau bisa lebih," cetusnya.

Komentar