Ronaldo Digeser Federer Atlet Terkaya Dunia. Tiga Cabor Kuasai 5 Besar.


DALAM rilis terbaru majalah Forbes yang dikeluarkan pekan ini, yang kemudian dirilis oleh detik.com, para pecandu sepakbola utamanya fans Christiano Ronaldo harus menerima kenyataan bahwa pemuncak atlet terkaya bukan lagi Ronaldo. Situasi ini mungkin dipengaruhi pandemi Covid-19 (virus Corona). Sepakbola ikut terimbas kompetisinya akibat Corona.
Atlet yang terkaya justru dari cabang olahraga tenis lapangan, yakni Roger Federer.

Pesepakbola Portugas dan klub Juventus itu kini menempati posisi kedua dengan 105 juta dolar AS atau sekitar Rp1,54 triliun. Sementara pesainnya, Lionel Messi asal Argentina dan Barcelona duduk di posisi ketiga dengan 104 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,527 triliun. Federer yang berkebangsaan Swiss justru jadi atlet dengan pendapatan terbesar selama setahun yakni 106,3 juta dolar AS (Rp 1,56 triliun).

Fakta yang cukup mengejutkan mengingat Ronaldo dan Messi sebagaimana diketahui dalam beberapa tahun terakhir selalu bergantian menguasai daftar tersebut. Meski demikian, hal tersebut sudah diprediksi karena teror Covid-19 yang membuat perekonomian terganggu.

Teror Corona membuat liga-liga sepakbola di seluruh dunia terhenti sehingga klub-klub tidak punya pemasukan sehingga harus memotong gaji pemainnya. Ronaldo dan Messi masuk dalam daftar tersebut. Ronaldo bahkan jadi pemain Juventus paling besar pemotongan gajinya sekitar 9,1 juta euro, sehingga cuma mendapat 21 juta euro dari seharusnya 30 juta euro per musimnya. Sebuah kerugian yang besar bagi pria yang selalu memimpin daftar atlet terkaya dunia ini.

Senada, Messi terhitung paling besar juga terdampak, karena dipotong sekitar 70 persen dari total gajinya yang mencapai 40 juta euro. "Pandemi virus Corona membuat gaji pesepakbola top seperti Messi dan Ronaldo dipotong, sehingga petenis top bisa jadi atlet terkaya dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah," kata editor senior Forbes Kurt Badenhausen seperti dikutip Sky Sports dan detik.com.

Roger sendiri terkenal membintangi berbagai iklan seperti mobil mewah, jam tangan mahal, pakaian olahraga dan lain-lain. "Dia (Federer_) adalah figur sempurna untuk sebuah perusahaan, sehingga petenis hebat sepertinya bisa mendapat endorsement sekitar 100 juta dolar AS per tahun," imbuhnya.

Dari daftar lima besar atlet terkaya dunia akumulasi dari hadiah maupun membintangi sejumlah iklan, maka cabor tenis lapangan, sepakbola dan bola basket masih menjadi ladang subur bagi para atletnya.

Kampiun Atlet Terkaya Dunia Juni 2020
1. Roger Federer, 106,3 juta dolar AS (1,56 triliun)
2. Ronaldo, 105 juta dolar AS (Rp1,54 triliun)
3. Lionel Messi, 104 juta dolar AS (Rp1,527 triliun)
4. Neymar, 95,5 juta dolar AS
5. Lebron, 88,2 juta dolar AS

Komentar