PKK Lakukan Aksi di Tengah Wabah


MARTAPURA - Tim PKK Banjar melakukan langkah-langkah penting seperti membuat himbauan di berbagai media yang dimiliki Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar untuk masyarakat. Salah satunya program Takuni Abah (Tabah) yang dipandu oleh HM Aidil Basith dengan co-host Utuh Pepen dan Anang Ronny, yang disiarkan langsung Radio Suara Banjar 100,4 Fm, dengan narasumber Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah  Senin (6/4) siang.


Takuni Abah digelar usai Tim PKK Kabupaten Banjar melakukan aksi sosialnya untuk berbagi sejumlah masker dan buah kurma kepada masyarakat khususnya pedagang dan pembeli di Pasar Bauntung Batuah Martapura pagi harinya.

Menurut Raudhatul wardiyah ratusan masker yang dibagikan pihaknya kepada pedagang dan pembeli merupakan hasil kerajinan dari beberapa pelaku UMKM binaan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat, terhadap bahaya dari wabah Covid-19 yang sudah memasuki wilayah Kabupaten Banjar.

Masker yang dibagikan kepada para pedagang dan pembeli bermotifkan kain sasirangan yang merupakan ciri khas dari Kalimantan selatan. Sementara buah kurma yang dibagikan setidaknya bisa menambah daya tahan tubuh.

Dalam program Tabah berdurasi 30 menit tersebut ia berpesan kepada masyarakat Kabupaten
Banjar untuk selalu menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun, makan maknan bergizi, perbanyak minum air putih, hindari berada di kerumunan orang banyak, berjemur di bawah sinar matahari 10 hingga 15 menit ketika pukul 10.00 Wita. Berolahraga secara teratur, tinggal didalam rumah saja kecuali ada kepentingan yang sangat mendesak, memakai masker, segera periksakan kesehatan ke pelayanan kesehatan terdekat jika mengalami demam, batuk, flu dan sesak nafas.

Menurutnya selain berikhtiar seperti itu, selama berada didalam rumah kita juga harus berdoa dan perbanyak membaca shalawat, ini sangat baik untuk di amalkan di saat datang bala dan musibah serta segala macam penyakit. Ia berharap masyarakat dijauhkan dari segala macam penyakit, terutama Covid-19 yang sedang melanda, serta cepat menghilang agar masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitasnya seperti biasanya.   

Selain sebagai pengisi narasumber Tabah, Hj. Raudathul Wardiyah juga sambangi Intan TV untuk lakukan shooting imbauan terkait pencegahan covid-19, serta sambangi ruangan media center yang masih satu atap, guna memantau kinerja para awak media yang bertugas di Kabupaten Banjar saat video conference digelar oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 yang berlangsung di Command Center Barokah Martapura.

Komentar