Mengapa Surah At Taubah tanpa Bismillah?


MENGAPA surah A Taubah menjadi satu-satunya surah dari 114 surah dalam Al Quran yang tidak dimulai dengan kalimat bismillahirrahmanirrahim?


Bahwa surah Al Fatihah sampai surah delapan selalu dimulai dari bismillah dan awal huruf biasanya huruf alif atau ya. Namun di surah ke-9 At Taubah tidak lagi dengan Bismillah namun dimulai dengan huruf Ba. Rahasia huruf Ba adalah gaib Bismillah itu sendiri. Hakikatnya surah ini ada mengandung Bismillah juga.

Bahwa 1 sampai 9 adalah bilangan yang berdiri sendiri sebab setelah itu hanya ada penggabungan angka, misal 10 gabungan angka 1 dan 0. Atau 15 penggabungan angka 10 dan 5 Dari surah Al Fatihah hingga At Taubah itu lengkap sebenarnya keilmuan dan tuntunan beragama bagi umat Islam bahkan manusia seluruhnya, sebab selanjutnya setelah surah At Taubah itu berisi pengulangan-pengulangan saja lagi.

Nah, dari surah awal hingga delapan itu bermakna Allah tajalli pada Rasulullah. Jadikan itu sebagai arasy atau menjadi kedudukan kita. Maka kalimat bismillah di surah At Taubah itu gaib ke dalam huruf awal surah itu. Bermakna kita yang gaib dalam Rasulullah.

1-8 itu hakikatnya Allah wa Rasul dan yang ke-9 itulah kita. Begitu juga asma Allah dikenal 99 namun sebenarnya 100. Digaibkan asma ke-100 itu, dan nama itu tak lain ialah Muhammad Rasulullah.

Alif Lam Mim itu artinya Aku percaya Allah ta'ala maka katakan bahwa Muhammad Rasulullah. Bermakna jika ingin selamat dunia dan akhirat manusia tak sekadar percaya adanya Allah namun mesti mengikuti jejak Muhammad Rasulullah.

Rahmat milik Allah syafaaf milik Rasulullah. Perjalanan Allah ke Rasulullah dekat laksana bahu kanan dan bahu kiri.

Menyatukannya dengan diri ialah mesrakan diri dengan istri. Pegang bahunya dan kecup keningnya. Katakan Allah dan Rasul menyatu dalam diriku (kita).

Komentar