Ribuan Anggota BPD dari 277 Desa Bakal Dilantik



MARTAPURA  - Ribuan atau tepatnya 1.324 anggota terpilih Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 277 desa se-Kabupaten Banjar akan segera dilantik.
BPD sebagai lembaga legislatif level desa yang sejajar dengan pembakal.

Senin (10/2/2020), Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Banjar Syahrialuddin mengatakan bahwa pelantikan akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Banjar, Selasa 18 Februari 2020 ini. "Mereka akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Banjar (H Khalilurrahman)," terangnya.

1.324 anggota ini mengingat setiap desa minimal ada 5 anggota. Sebagian kecil karena bergantung tingkat kepadatan penduduk ada yang berjumlah 7 orang dan ada juga yang berjumlah 9 orang.

"Para anggota BPD diharap hadir mengenakan atasan/kemeja putih dan bawahan hitam. Laki-laki wajib memakai kopiah hitam," bebernya.

Selain anggota BPD, lanjut Syahrial, pihaknya mengundang Forkopimda, para camat dan pembakal. Sehingga total hadirin mencapai 1.650 orang. "Kita estimasi halaman mampu menampung hadirin dalam acara pelantikan anggota BPD tersebut," ungkapnya.

Tiga hari setelah dilantik para anggota BPD masing-masing desa untuk segera bermusyawarah menentukan susunan kepengurusan dari ketua, wakil ketua, sekretaris dan anggota ditambah di luar struktur adalah tenaga staf. Ketua diberi tunjangan Rp800 ribu, waket Rp750 ribu, sekretaris Rp700, anggota Rp650 ribu dan staf Rp500 ribu.

"Awal Maret tunjangan sudah akan kita cairkan untuk mendukung kinerja para anggota BPD dalam menjalankan tugasnya dalam rangka bekerja sama dengan pembakal memajukan masyarakat dan desanya," kata mantan Kadispenda Banjar ini.

Komentar