Puluhan Ribu PAM Siap Amankan Haul Sekumpul



MARTAPURA - Apel Gelar Pasukan PAM Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul dilaksanakan di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Selasa (25/3/2020) pagi. Gelar pasukan sebagai momen kesiapsiagaan para petugas dan para relawan untuk mengamankan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, sehingga diharapkan bisa berjalan dengan aman dan lancar.


Apel dipimpin Brigjen Pol Aneka mewakili Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani. Brigjen Aneka saat pengecekan pasukan didampingi Danrem 101 Antasari Kolonel Inf Syech Ismed SK MHan, Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Forkopimda diantaranya Kapolres Banjar AKBP Andri Koko dan Dandim 1006 Martapura Letkol Siswo Budiarto.

Ia meminta maaf kepada hadirin, karena Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani tidak bisa berhadir karena mendadak ada tugas ke Jakarta. "Namun, saya akan sampaikan amanat tertulis beliau pada kesempatan ini," ujar Brigjen Aneka.

Menurut Kapolda dalam amanatnya, semoga para petugas dan relawan bisa optimal melaksanakan pengamanan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul. Diharapkan kepada Polri, TNI dan relawan sadar bahwa pengamanan ini tanggung jawab besar, sebab sebagai tuan rumah mesti memberikan pelayanan yang terbaik. "Kita ketahui bahwa semakin tahun jemaah haul semakin bertambah baik dari intern Kalsel, bahkan dari luar daerah juga manca negara sehingga perlu kita antisipasi secara maksimal. Pengamanan baik dilaksanakan secara terbuka dan secara tertutup, agar arus lalu lintas bisa lancar dan pelaksanaan haul aman serta sukses, mengingat jumlah jemaah mencapai 2 juta lebih," ingatnya.

Kapolda lalu menambahkan bahwa sebagai tuan rumah para petugas harus mampu memelihara stabilitas dan respon terhadap potensi gangguan kamtibmas. "Kepada personil kedepankan prinsip keselamatan dan keamanan, pertama menjaga keselamatan dan kesehatan, kedua, laksanakan tugas dengan ikhlas dan tanggung jawab sehingga menjadi ibadah, ketiga anggota agar paham bagaimana bertindak, keempat siaga sehingga cepat respon jika ada gangguan kamtibmas, serta lima jalin kerjasama dengan semua pihak demi pelayanan terbaik bagi masyarakat," tukasnya.

Personil yang terlibat dalam PAM antara lain Polres Banjar 845 personil, TNI 400, Satpol PP 550, Dishub 150, Dinkes 1.100, BPBD 25 serta relawan 25 ribu. Selain itu, Polda Kalsel menurunkan 560 personil, Polresta Banjarmasin 200, Polresta Banjarbaru 273, Polres Batola 25, Polres Tala 72, Polres Tapin 62 dan Polres HSS 61.

Komentar