Minggu Ini Puncak Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul

MARTAPURA - Minggu (1/3/2020) adalah puncak Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, dan diperkirakan akan dihadiri lebih 2 juta jemaah.


Tamu yang hadir mulai para ulama, habaib dan para pejabat hingga rakyat biasa yang mencintai ulama yang bernama asli KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari itu. Mereka datang dari berbagai penjuru, provinsi lain hingga manca negara.

Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Kajari Muji Martopo, Kapolres Banjar AKBP Andri Koko dan pejabat terkait terkagum kala ada jemaah di Mushalla Ar Raudhah yang berasal dari Pelembang Sumsel juga dari Solo Jateng.

Para jemaah kepada bupati yang sengaja berkeliling memantau persiapan haul mengaku tersanjung dilayani dengan baik oleh para petugas maupun relawan di sepanjang perjalanan hingga di penginapan kawasan Sekumpul dan sekitarnya.

"Saya berharap kepada para petugas dan relawan agar sering menanyakan keperluan para tamu karena jangan sampai mereka sakit atau kelaparan," pinta Guru Khalil.

Ratusan ribu jemaah sejak pagi memang secara cepat memadati Sekumpul. Bahkan, puluhan mesjid pada shalat Jumat tak seperti Jumat biasanya. Puluhan ribu jemaah memadati jalan-jalan.

Dari pantauan kubah Abah Guru Sekumpul meski sejak pagi Jumat sudah terlarang diziarahi jemaah perempuan namun tetap saja sesak. Meski begitu para relawan dengan santun dan sigap mengatur lalu-lintas sehingga tetap lancar meski padat merayap.

Keagungan dan kemasyhuran Abah Guru Sekumpul yang wafat 5 Rajab 10 Agustus 2005 karena sakit diakui banyak ulama. Menurut Khairullah Zain santri Sekumpul, majelis Mushalla Ar Raudhah ketika aktif Abah Guru Sekumpul setiap Minggu dihadiri sekitar 10 hingga 15 ribu jemaah.

Namun setelah wafat, justru jemaahnya melebihi lagi. Bahkan haulnya pun dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dari catatan, pada haul ke-7 sekitar 250 ribu, ke-8 meningkat 300 ribu. Setelah itu lebih setengah juta. Selanjutnya pada haul ke-13 tahun 2018 sudah melebihi angka 1 juta jemaah.

Pada haul ke-14 tahun 2019 sudah sampai angka 2 juta bajkan ada yang menaksir lebih dari itu. Terlepas dari itu, kewalian dan kebesaran Abah Guru Sekumpul memang sudah dibuktikan banyak murid maupun orang yang tak pernah bertemu sekalipun.

Komentar