Kapolri dan Kapolda Sumbang Sapi Limo ke Haul Sekumpul


MARTAPURA - Kapolri Jenderal Idham Azis menyumbang sapi limo untuk acara Haul ke-15 Guru Sekumpul. Bahkan, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani juga sama menyerahkan sumbangan sapi limo satu ekor, berbarengan dengan tokoh warga H Agus Maulana. Sehingga pada acara serah terima ada tiga ekor sapi yang semuanya diterima secara langsung oleh Imam Mushalla Ar Raudhah, Guru Sa'aduddin, di Sekumpul Martapura, Kamis (27/2/2020).


Penyerahan tiga ekor sapi itu secara simbolis diserahkan oleh Kapolda Kalsel Irjen Yazid didampingi Kapolres Banjar AKBP Andri Koko dan Waket DPRD Banjar Agus Maulana. "Kapolri juga ada menyumbangkan seekor sapi, dan beliau berpesan semoga acara haul berjalan dengan aman, tertib dan lancar," ujar Yazid ditanya wartawan. Sapi limo itu rata-rata memiliki berat 240 kg dengan kisaran harga Rp60 juta.

Disinggung kesiapan kepolisian, Yazid mengatakan bahwa pihak kepolisian menyumbangkan tenaga pengamanan haul sebanyak 1.800 personil, gabungan baik dari Polres Banjar (terbanyak) maupun personil dari resort terdekat ditambah Polda Kalsel. "Mari kita sukseskan acara ini sehingga khidmat. Para jemaah agar kegiatan dan lalu lintas lancar, supaya mematuhi arahan dari para petugas juga relawan. Jika berkendaraan dalam keadaan lelah, supaya istirahat dahulu di rest area yang tersedia di sejumlah titik," ujarnya.

Yazid mengatakan pihaknya belum memperoleh kepastian apakah R Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin akan berhadir, meski begitu pihaknya akan tetap optimal memberikan pengamanan bagi para tamu, baik VIP maupun masyarakat luas.

Sementara Imam Mushalla Ar Raudhah Guru Sa'aduddin mengucapkan terima kasih atas sumbangan dari Kapolri, Kapolda Kalsel dan para tokoh juga masyarakat demi lancarnya pelaksanaan haul Sekumpul. Ia berharap semoga semua pihak yang turut membantu diberkahi Allah dan mendapat balasan pahala dari Allah.

Ia menjelaskan dapur umum sebanyak 174 buah, akan mengolah daging dari sekitar 200-an ekor sapi. Sehingga seluruh dapur umum yang terdaftar diharapkan mampu menyiapkan hidangan 1.250.000 bungkus/porsi makanan. Itu belum termasuk dapur pribadi atau dapur lainnya yang memang tidak mendaftarkannya ke Posko Induk Sekumpul.




Komentar