Christho Catat Sejarah Raih Gelar ATP Perdana


PETENIS kebanggaan Indonesia, Christopher Rungkat mencatat sejarah dalam nomor ganda bersama Andre Goransson untuk kali pertama meraih gelar ATP dalam turnamen Tata Open di Pune, India, Minggu (9/2/2020). Demikian rilis ATP Tour.


Christopher Rungkat menyelesaikan penampilan pertama mereka di Tata Open Maharashtra, mengalahkan unggulan ketiga Jonathan Erlich dan Andrei Vasilevski 6-2, 3-6, 10-8 untuk mengangkat gelar ATP Tour perdananya.

Pasangan yang tidak diunggulkan menyelamatkan enam dari tujuh break point dalam pertandingan itu. Rungkat melepaskan forehand return untuk meraih trofi setelah 71 menit pertandingan. Sebelumnya, Goransson dan Rungkat finis sebagai runner-up di Hyogo Noah Challenger 2019 di Kobe Jepang. “Kami merasa sangat senang seperti yang Anda lihat di akhir pertandingan. Saya tidak percaya, tapi itu terjadi, ”kata Rungkat.

Tandem Swedia-Indonesia mengalahkan dua pasangan unggulan dalam perjalanan menuju gelar. Bersamaan dengan kemenangan terakhir mereka melawan Erlich dan Vasilevski, Goransson dan Rungkat pulih dari ketertinggalan untuk mengalahkan unggulan keempat Cheng-Peng Hsieh dan Denys Molchanov di babak pertama.

“Kami berdua merasa sangat hebat. Tahun ini, kami memulai di LA minggu lalu dan bermain bagus. Kami datang ke sini dan menjalani pertandingan babak pertama yang sangat ketat. Setelah itu, kami merasa luar biasa, ”kata Rungkat.

Erlich dan Vasilevski juga berniat untuk merebut gelar tim pertama mereka, menyusul runner-up pada debut tim mereka di Apis Canberra International (Bendigo) bulan lalu, sebuah acara ATP Challenger Tour. Erlich turun ke 21-21 di final ganda tingkat tur. Vasilevski bertujuan untuk mengangkat trofi ATP Tour pertamanya setelah gagal dalam satu-satunya penampilan terakhirnya di Generali Open pada 2017 (berpasangan dengan Podlipnik-Castillo).

Goransson dan Rungkat mendapatkan 250 poin peringkat FedEx ATP Doubles dan membagi $ 30.900 sebagai hadiah uang atau lebih Rp400 juta. Erlich dan Vasilevski menerima 150 poin dan berbagi $ 15.840. "Itu adalah pilihan yang baik. Kami memutuskan apakah kami akan datang ke sini atau tidak. Kami berada di LA dan kami tidak menyesal membuat pilihan. Rasanya luar biasa," kata Goransson.

Berkat juara, posisi rangking Christho naik 10 trip ke 77 dengan 1.032 poin. Ia berpeluang tampil di babak utama Grand Slam Perancis Terbuka.

Komentar