Buyut Sohibul Maulid Habsy Bakal Hadiri Haul Sekumpul


MARTAPURA - Kabar gembira bagi masyarakat pecinta maulid, pada Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, Sabtu (29/2/2020) dan Minggu (1/3/2020) bakal hadir tamu-tamu mulia (ulama) diantaranya buyut sahibul maulid, yakni Habib Muhammad bin Abdul Qadir Al Habsy dari Seiwun, Yaman.


Kehadiran satu zuriat pengarang maulid Habsy itu tentu ditunggu para jemaah yang mencapai dua jutaan tersebut. "Selain dipimpin dua putra Abah Guru Sekumpul, Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali, acara haul juga akan dipandu oleh buyut dari pengarang maulid, yakni Habib Muhammad bin Abdul Qadir Al Habsy dari Yaman," ujar Imam Mushalla Ar Raudhah, Sekumpul Martapura, Guru Sa'aduddin Salman bin Salman Jalil, Kamis (27/2/2020).

Sebagaimana dimaklumi, Abah Guru Sekumpul selama memimpin majelis di Keraton hingga Sekumpul selalu mendawamkan maulid Habsy karangan Habib Ali bin Muhammad Al Habsy yang sangat indah nan merdu ditingkahi iringan
terbang.

Akan menjadi spesial bila acara nanti pembacaan syair maulid di samping Badali bersaudara juga menampilkan buyut pengarang maulid itu sendiri.

Bakal banyak alim ulama yang datang selain dari dalam negeri juga ada dari luar negeri, seperti ulama besar dari Sudan, termasuk bilal Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Habib Ahmad Al Athos yang dijadwalkan melantunkan adzan di Mushalla Ar Raudhah.

Selain para alim ulama dan habaib, dimungkinkan juga kedatangan para tokoh Indonesia seperti Waket MPR Ahmad Muzanie, kemudian Sandiaga Uno dari Gerindra. "Tadi ada orang Gerindra yang memastikan kalau Sandiaga akan hadir di acara. Kita persilakan saja, sifatnya semua adalah tamu haul, meski kami tidak mengundang secara khusus," jelasnya.

Disinggung apakah Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin akan datang, Guru Sa'aduddin mengaku tidak mengetahuinya. Sejauh ini tidak ada kabar pasti apakah kedua tokoh bangsa ini akan hadir. "Kalau Pak Wapres kita maklum dengan kondisi beliau yang sepuh sehingga kecil kemungkinan hadir sebagaimana kabar sebelumnya," imbuhnya.

Ia berpesan kepada jemaah agar mentaati petugas di lapangan demi keamanan, ketertiban dan kenyamanan jemaah lainnya. "Selain itu, mohon bersama-sama menjaga kebersihan. Datang bersih maka pulang pun diharapkan bersih juga. Kita hindari tumpukan sampah di Sekumpul, bisa dengan cara membawa kresek masing-masing dan botol air isi ulang," sarannya.

Komentar