Indrasari Punya Gedung Megah untuk Olahraga


MARTAPURA - Desa Indrasari Kecamatan Martapura mempunyai gedung megah yang diberi nama Gelora Indrasari yang terutama digunakan untuk sarana olahraga. Rabu (15/1/2020), secara resmi gedung yang bersifat serbaguna ini diresmikan oleh Camat Martapura Anto Setiawan mewakili Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur.


"Kami mohon maaf sedianya Pak Wabup yang meresmikan, namun beliau sedang ada kegiatan. Beliau lalu mendelegasikan kepada kami untuk melanjutkan tugas peresmian," ujar Anto di hadapan Pembakal Indrasari, sejumlah pejabat dari Dispora, tokoh masyarakat dan para pembakal/lurah se-Kecamatan Martapura di Gedung Serbaguna Gelora Indrasari yang terletak persis di seberang Stadion Demang Lehman.

Camat Martapura mengaku sangat bangga dan mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh aparat desa setempat yang menurutnya, sebuah terobosan berharga demi meningkatkan peran aktif masyarakat dalam olahraga. Di dalam gedung yang memiliki luas 20 x 30 meter persegi itu, ada sarana tenis meja sebanyak dua meja, dan net bulutangkis untuk olahraga bulutangkis. "Selain itu, saya lihat juga potensi untuk acara resepsi perkawinan. Nanti teknisnya bagaimana, bisa dikelola oleh BumDes setempat untuk pemasukan kas desa," sarannya.

Bahkan, lanjutnya, seperti di Klaten, Jateng, sarana olahraga ini di sekitarnya juga dibangun sejumah kios agar UKM bisa tumbuh dengan baik. "Intinya, sarana ini manfaatkan untuk urusan desa juga menambah pemasukan desa," ucapnya.

Sementara itu, Pembakal Indrasari, Amat Yani mengakui bahwa untuk membangun gedung ini memerlukan dana total sebesar Rp985,9 juta yang terdiri dari dana desa 2018 sebesar Rp499,7 juta serta anggaran desa 2019 sebanyak 486,2 juta. "Ini setelah kami bersama-sama BPD dan tokoh warga bersepakat membuat sebuah gedung serbaguna yang bisa bermanfaat bagi masyarakat," tukasnya.

Mulanya, akan dibangun seluas 10 x 15 meter persegi saja, namun dalam perkembangannya, diperbesar lagi sehingga menjadi 20 x 30 meter persegi. Di samping lahannya memang cukup luas, dengan lebih luas, akan lebih nyaman untuk sarana berolahraga maupun untuk resepsi perkawinan. "Juga akan dimanfaatkan untuk menampung jemaah Haul Abah Guru Sekumpul, dan juga bisa dimanfaatkan untuk pemeran dan kegiatan pendidikan lainnya," ungkapnya.

Komentar