Rapat di Sekumpul Putuskan Tanggal Haul Abah Guru Sekumpul


MARTAPURA - Ratusan perwakilan relawan posko, dapur umum, hingga sejumlah pejabat terkait hadir dalam rapat perdana persiapan pelaksanaan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul di halaman dalam regol Kompleks Ar Raudhah, Jl Sekumpul, Jumat (20/12/2019) malam.


Banyak hal dibahas dalam rapat yang dipimpin Bupati Banjar H Khalilurrahman dan dimoderatori oleh H Abdurrahman dan juga KH Sa'aduddin Salman (Imam Mushalla Ar Raudhah) itu. Pada kesempatan pertama, Sa'aduddin sebagai perwakilan keluarga Abah Guru Sekumpul memberitahukan bahwa pelaksanaan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul yang terbuka untuk umum ialah Sabtu (29 Februari 2020) di kubah, serta Minggu (1 Maret 2020) dipusatkan di Mushalla Ar Raudhah.

"Jadi kami beritahukan bahwa sesuai amanah keluarga Abah Guru Sekumpul, pelaksaan haul yang dibuka untuk umum ada dua hari. Pertama, Sabtu tanggal 29 Februari dipusatkan di kubah almarhum, selepas shalat isya. Kedua, Minggu tanggal 1 Maret 2020 sebagaimana kebiasaan dipusatkan di Mushalla Ar Raudhah. Adapun untuk acara khusus keluarga mohon maaf kami tidak diberi amanah menyampaikan," jelas ulama yang ramah ini.

Selain itu, guna kenyamanan jemaah dan mendukung pengamanan, maka Jumat (28 Februari 2020) sore selepas shalat ashar kubah akan ditutup untuk sterilisasi, sebab ada kemungkinan paspampres akan menjalankan tugasnya, menyusul ada rencana kedatangan tamu kehormatan Wapres RI.

Sementara Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan supaya para relawan, termasuk para kepala SKPD terkait, juga dari relawan keamanan supaya berupaya optimal menyambut tamu-tamu Sekumpul mengingat jemaah yang datang tidak lagi ratusan ribu, melainkan bisa lebih dari 2 juta orang.

"Semua tamu nanti jutaan, tidak hanya dari daerah tetangga, provinsi lain juga, bahkan ada dari manca negara. Saya dapat info kalau warga Brunei Darussalam pun berminat mengikuti haul, dan mereka minta akses hotel yang dekat. Sayangnya, Disbudpar Banjar belum mampu back up," aku Guru Khalil sapaan akrab bupati.

"Mudah-mudahan dengan niat membantu para tamu, kita semua disehatkan dan dimudahkan menjalankan tugas-tugas. Dan kita semua mendapat berkah dari Allah dan Rasulullah SAW berkat membantu kelancaran pelaksaan haul ini," harap Guru Khalil seraya disambut amin para hadirin.

Turut hadir Sekda Banjar M Hilman yang bertekad juga mensukseskan kegiatan haul dengan mengkoordinasikan segala keperluan yang menyokong kelancaraan acara, baik koordinasi pengaturan arus lalu lintas, penyiapan tenaga kesehatan, membantu distribusi air bersih, termasuk mengatasi sampah sebagai dampak kegiatan. Para kepala SKPD, camat maupun lurah terkait juga menyampaikan sejumlah potensi dan kendala sehingga bisa dimusyawarahkan bersama.

Komentar