Lumbung Pangan Sungai Batang Eksis


MARTAPURA - Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah didampingi Komandan Kodim 1006 Martapura Letkol Armed Siswo Budiarto, Kepala Dinas TPH M Fachri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Edy Hasby, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Reza Daudy, serta lainnya, resmikan lumbung pangan masyarakat, di Desa Sungai Batang Kabupaten Banjar, Senin (30/12/2019).


Dalam sambutannya Bupati Banjar H Khalillurrahman mengatakan pangan merupakan kebutuhan pokok bagi kelangsungan makhluk khususnya bagi manusia, oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus besinergi dalam upaya peningkatan kualitas maupun kuantitas pangan. Bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memprogramkan untuk menggenjot masyarakatnya dengan memamfaatkan lahan tidur untuk jadi lahan pertanian, perkebunan dan perikanan, agar 2045 nanti Indonesia menjadi negara lumbung pangan dunia.

"Masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Banjar tidak perlu malu menjadi sebagai petani pertanian, perkebunan dan perikanan, karena ini adalah pekerjaan yang sangat mulia. Tanpa adanya pangan secanggih apapun teknologi di suatu negeri, masyarakatnya akan hidup susah dan menderita," tutur H Khalillurahman.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Edy Hasby menjelaskan Lumbung Pangan Masyarakat yang dibangun di Desa Sungai Batang ini didirikan berdasarkan potensi wilayah Kecamatan Martapura Barat dalam meningkatkan ketersediaan pangan, agar secara kualitas dan kuantitas nantinya hasil pertanian, perkebunan dan perikanan di Kecamatan Martapura Barat dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Banjar bahkan diekspor ke luar.

"Lumbung Pangan Masyarakat Di Desa Sungai Batang ini didirikan dengan menggunakan anggaran Pemerintah Kabupaten Banjar 2019, tediri dari tiga bangunan. Bangunan pertama untuk pemijahan, bangunan kedua untuk produksi dan bangunan ketiga untuk tempat penyimpaman," tegas Edy Hasby.

Komentar