Kominfo SP Siap Dukung Jurnalis Berasosiasi



MARTAPURA - Dinas Komunikasi Informartika Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Kabupaten Banjar berusaha optimal melakukan kerja sama terhadap insan jurnalis dan perusahaan media yang berkiprah di Kabupaten Banjar. Hal itu disampaikan Kadiskominfo SP Banjar Dr Farid Soufian baru-baru tadi.


"Sebagai mitra dalam pembangunan, jurnalis kami anggap sangat penting keberadaannya dalam menyalurkan informasi pelayanan dan program kegiatan pembangunan kepada masyarakat. Demikian pula bahwa dari jurnalis juga kita bisa mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan program pembangunan melalui saran, masukan hingga kritik dari masyarakat," aku Farid yang turut dibenarkan oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo SP Banjar dr Eddy Jaya.

Mengenai sebagian jurnalis yang masih belum berasosiasi dalam organisasi jurnalis, Farid memberi saran supaya para jurnalis bisa dengan sukarela masuk menjadi salah satu anggota asosiasi yang diakui oleh Dewan Pers, seperti PWI, AJI dan IJTI.

"Silakan rekan-rekan jurnalis memilih asosiasi, agar keberadaannya bisa dilindungi dengan lebih baik dan tentu akan lebih mudah memperoleh pengetahuan tentang jurnalis dengan lebih optimal," sarannya.

Menurut Farid bahwa pihaknya sangat mendukung bila ada kasus pers atau sengketa pers, agar diselesaikan melalui Dewan Pers, tidak langsung ke pidana KUHP. "Hanya saja, tentu rekan-rekan jurnalis sudah terlebih dahulu menjadi anggota salah satu asosiasi, sehingga Dewan Pers dan kami tentunya bisa mengadvokasi dengan lebih mudah," bebernya.

Diskominfo SP Banjar sendiri juga berupaya optimal membantu memfasilitasi jurnalis untuk memperoleh bimbingan dan pembekalan tentang jurnalisme bekerja sama dengan PWI atau IJTI
yang sudah ada di Kalsel.

Komentar