Festival Pasar Terapung Siap Digelar


MARTAPURA - Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019 tak berapa lagi akan digelar. Even yang diperkirakan menyedot arus wisatawan ini dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar bertempat di lokasi obyek wisata Pasar Terapung Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk dengan mengambil tema 'Menggenggam Semangat Tradisi'.


Sekretaris Disbudpar Banjar Aidy Hikmatullah kepada pers mengatakan bahwa festival pasar terapung di Lok Baintan Akan digelar pada tanggal 17 November 2019 pada pukul 04.30 Wita sampai selesai, bertempat di Dermaga Bawah Jembatan Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Adapun aneka atraksi ialah berupa tanglong jukung, jukung hias tradisional, penampilan formasi jukung, lomba fotografi, penampilan seni dan budaya khas Kabupaten Banjar. "Hadiah disiapkan buat pemenang aneka lomba. ”Target peserta kami tingkatkan lagi, tahun lalu 500 jukung, maka tahun ini diikuti 550 jukung. Di samping itu jumlah pengunjung kami tingkatkan lagi,” bebernya.

Upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung ini, dikatakannya, dengan jalan melakukan promosi jauh-jauh hari diantaranya melalui media sosial dan media reguler. ”Para karyawan dan duta pariwisata kami kerahkan untuk mempromosikan festival pasar terapung di Lok Baintan. Selain itu juga kami bekerjasama dengan pihak Diskominfo SP Banjar sehingga turut mempromosikan acara. Upaya lain juga adalah mensosialisasikan ke para peserta,” ungkap Aidy.

Festival ini sebagai ajang memperomosikan obyek wisata paling unik di Kalimantan bahkan Indonesia. Adapun kegiatan festival pasar terapung sendiri ada tiga yang paling utama yakni lomba tanglong jukung, lomba jukung hias tradisional, dan lomba fotografi.

Komentar