Dermaga Pasar Terapung Perlu Ditambah Tangga


MARTAPURA - Festival Pesona Pasar Terapung di Desa Lok Baintan dan Desa Sungai Pinang Lama Kecamatan Sungai Tabuk memang menjadi primadona wisatawan yang ingin menikmati kearifan lokal kehidupan asli masyarakat Banjar yang ada di tepian sungai. Namun, fasilitas penunjang lainnya akan tetap menjadi perhatian serius Pemkab Banjar guna menambah kenyamanan para wisatawan.


500 lebih para pedagang di jukung memperdagangkan aneka buah-buahan, sayur-sayuran, kue-kuean, dan kerajinan lainnya memenuhi Sungai Martapura di sekitar Dermaga Sungai Pinang Lama. Ribuan wisatawan juga mencoba membeli dengan melakukan transaksi di sungai dan sebagian dari dermaga. Sayangnya, keadaan sungai yang dipengaruhi musim kemarau, membuat jarak permukaan sungai dengan lantai dermaga mencapai interval 1,5 meter hingga 2 meter, sehingga cukup menyulitkan transaksi.

Kondisi itu menjadi perhatian Bupati Banjar H Khalilurrahman yang saat itu didampingi Forkopimda, Kadis Budpar Haris Rifani, hingga Sekda Banjar HM Hilman. "Kalau dilihat memang kita akui pembeli agak kesulitan melakukan transaksi jika dari dermaga, karena air sungai memang sedang surut. Perlu ditambah nanti dengan tangga. Teknisnya nanti coba dipelajari," ujar Guru Khalil seraya melirik ke arah Hilman.

Hilman yang juga Plt Kadis PUPR Banjar langsung menanggapi bahwa pihaknya akan coba membuat tangga sehingga memudahkan bagi para wisatawan lebih dekat dengan acil-acil jukung. "Mungkin yang pas dibuat tangga. Apakah tangga apung, atau permanen, ponton atau lainnya akan kita pelajari. Yang jelas, memang kita akui diperlukan adanya tangga. Sebab kalau sudah musim kemarau, jarak lantai dermaga dengan permukaan sungai memang agak jauh sehingga menyulitkan transaksi antara wisatawan dengan para acil jukung," tukasnya.

Sebelumnya, Bupati Banjar H Khalilurrahman membuka secara resmi pelaksanaan Festival Pasar Terapung 2019 yang dihadiri oleh Ketua DPRD Banjar H M Rofiqy, Komandan Kodim 1006 Martapura Let Arm Siswo Budiarto, Wakapolres Banjar, Kepala Kantor Kementrian Agama Banjar H Izzudin, Sekretaris Daerah H Moch Hilman, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar H Raudathul Wardiyah, para kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Banjar, serta Lainnya , Di Desa Sungai Pinang Lama Kecamatan Sungai Tabuk , Minggu (17/11).

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Pasar Terapung 2019 ini, di mana ditengah- tengah pesatnya perkembangan dunia modern, Kabupaten Banjar masih memliki pasar terapung yang merupakan salah satu budaya masyarakat Banjar di bantaran Sungai Martapura yang melakukan jual beli dengan menggunakan perahu/jukung , dan sudah kewajiban kita bersama untuk membudidayakan Pasar Terapung Lok Baintan ini.

"Melihat Festival Pasar Terapung 2019, saya merasa bernostalgia karena semasa kecil saya sebagai orang Banjar, tidak pernah lepas dari aktivitas kawasan aliran Sungai Martapura. Oleh karena saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu menjaga lingkungan baik itu kebersihannya maupun kelestariannya agar Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar akan selalu ada untuk anak cucu kita nanti," tutur H Khalilurrahman.

Komentar