Apa yang Dialami Djokovic di Hari Perdana ATP Finals?


LONDON - Dominic Thiem melanjutkan dominasinya atas Roger Federer tahun ini dengan kemenangan dua set langsung pada hari pembukaan Final ATP. Thiem telah mengalahkan juara grand slam 20 kali dua kali musim ini dan menyelesaikan hattrick dengan kemenangan 7-5, 7-5 di O2 Arena, Minggu waktu setempat atau Senin (11/11/2019) waktu Indonesia.


Unggulan kelima Thiem belum pernah mencapai semifinal dalam tiga penampilan sebelumnya di London. Thiem memperbaiki rekornya melawan Federer menjadi lima kemenangan dan dua kekalahan.

Petenis Austria itu dikejar hingga skor 2-2 set pertama ketika Federer memaksa Theim melakukan kesalahan. Namun juara enam kali ATP Finals itu tidak dapat menyelesaikan set pertama dengan baik setelah servisnya dibreak Thiem sehingga tertinggal 6-5. Sebaliknya Thiem sukses memanfaatkan servisnya meski sempat beberapa kali deuce.

Set kedua, hampir mirip, di mana Federer beberapa kali sempat memimpin perolehan angka. Namun, lagi-lagi petenis Swis itu gagal memanfaatkan servisnya, dan kembali kalah 5-7.

Di 02 Arena London, sebelumnya, mempertontonkan kedigdayaan petenis nomor satu Novak Djokovic. Petenis Serbia itu masih terlalu tangguh buat pendatang baru dari Italia, Matteo Berretttini. Djokovic menang mudah 6-2 6-1.

Dalam pertandingan pertama final musim tahun ini, Djokovic yang bertujuan untuk menggulingkan Rafael Nadal dari singgasana petenis nomor satu dunia hanya membutuhkan waktu 63 menit. Berrettini, pemain terakhir yang lolos ke putaran final, diharapkan bisa memberikan kejutan, namun sebaliknya ia yang terkejut menghadapi kenyataan kalah telak dari para sesepuh ATP Finals

"Rasanya luar biasa bisa kembali, awal tahun ini saya senang tinggal di London, bermain bagus di Wimbledon," kata Djokovic kepada BBC Sport. "Selama bertahun-tahun saya bermain sangat baik di arena ini. Saya sangat menikmatinya. Tidak mudah bagi Matteo, memainkan pertandingan final tur pertamanya, saya tahu dia akan sedikit lebih gugup pada awalnya," komentar Djokovic.

Setelah Grup Borg memainkan partai perdananya, maka Grup Agassi juga akan memulai partai perdananya hari ini, yakni mempertemukan Daniil Medvedev (Rusia) vs Stefanos Tsitsipas (Yunani) dan Rafael Nadal (Spanyol) vs Alexander Zverev (Jerman). (livescore.com)

Komentar