Ponpes Manakah Juara Umum Hari Santri 2019?


MARTAPURA - Hari Santri 2019 di Kabupaten Banjar yang dimeriahkan dengan aneka lomba Islami selesai.
Ponpes Darussalam juara umum aneka lomba pada peringatan Hari Santri 2019. Ini berarti kali keempat ponpes tertua di Kalsel ini menjadi juara umum sejak even ini dimulai 2016. Pengumuman para pemenang dilaksanakan pada acara penutupan kegiatan Hari Santri di Alun-alun Ratu Zalecha, Jumat (25/10/2019).


Abdul Aziz mewakili santri Darussalam mengatakan, sebenarnya mereka tidak menargetkan sebagai juara umum, namun pada kenyataannya mereka kembali menoreh prestasi empat kali berturut-turut. "Insya Allah jika kami dipercaya santri-santrinya mewakili kabupaten di level provinsi, kami akan berusaha yang terbaik demi daerah. Kami juga mohon maaf kepada ponpes lainnya, sebab kami berusaha tampil apa adanya, dan tidak menargetkan sebagai juara umum. Yang jelas kita tetap jaga ukhuwah dan selamat Hari Santri," jelas beberapa saat usai menerima trofi dari Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Sementara, sebelum menutup acara, Bupati Banjar mengaku sangat bangga akan antusias peserta maupun sambutan warga. "Jangan anggap remeh santri, biar batapihan tapi hebat-hebat," ucap Guru Khalil yang sejatinya juga berasal dari kalangan santri ini.

Ia juga menyatakan sangat menghargai dengan setinggi-tingginya atas dukungan semua pihak sehingga even berlangsung dengan lancar dan sukses. Pemkab akan sangat mendukung upaya yang ikut membangun manusia yang berakhlak untuk menuju masyarakat yang sejahtera lagi barokah.

Ketua PCNU Banjar H Nuryadi, mengatakan mudah-mudahan 2020 Kabupaten Banjar mengadakan Hari Santri tingkat provinsi. "Kepada yang juara selamat yang belum masih ada kesempatan. Terima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan acara khususnya kepada Bupati Banjar dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjar.

Ketua panitia, M Zaini mengatakan, sejak pembukaan hingga hari terakhir di penutupan, ribuan warga membludak menyaksikan kegiatan, seperti lomba maulid, tilawah, khat, kirab dan lain-lain. "Acara seminar tahun ini ada target 250 ternyata tidak muat tempatnya (Mahligai Sultan Adam). Hakikatnya Hari Santri mencari kader-kader santri terbaik dari yang baik. Kegiatan tidak hanya seremoni tetapi bagaimana upaya kita mempersiapkan santri mengisi pembangunan baik di pemerintahan, usaha ekonomi kemasyarakatan," tegasnya.

Dewan juri dikoordinir Ustadz Zainuddin dan Ustadz Hormani Muchyar memutuskan Ponpes Darussalam sebagai juara umum. Adapun rincian juara aneka lomba antara lain:

A. Pidato Berbahasa Arab Putra:
1. Munawar Mubarak (PP Ribhatul Mustafa),
2. Sufiyani (PP Darussalam),
3. Syauki (PP Miftahul Sibyan)

B. Pidato Berbahasa Arab Putri:
1.Miski Ali (PP Puteri Al Amin),
2. Dini Azizah (PP Hidayatullah),
3. Nurul Hisna (PP Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary)

C. Tilawatil Quran Putri:
1. Nuriah (PP Darussalam),
2. Siti Khadijah (PP Syafaat Bukhari Muslim),
3. Carin Fitrotul Fidiah (PP Tahfidz Quran Al Qaramah)

D. Tilawatil Quran Putra:
1. M Wildan (PP Tarikul Ma'arif),
2. Murtado (PP Mambaus Sa'adah),
3. A Hafi (PP Syafaat Bukhari Muslim)

E. Musabaqah Qiroatil Kutub:
1. Abi Yazid Bustami,
2. Halimah (PP Takhasus Diniyah),
3. Ariyanto (PP Ushuludin)

F. Khattil Qur'an:
1. Rizki Maulana (PP Manbaul Ulum),
2. M Roziburrahman (PP Darussalam),
3. M Nur (PP Ushuluddin)

G. Kirab Santri:
1. PP Hidayatullah,
2. PP Attahiriyah,
3. PP Putri Al Amin

Komentar