DAS Sungai Pinang Dihijaukan


MARTAPURA - Memperingati Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tahun 2019, pemerintah laksanakan penamaman serentak di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan tak terkecuali di Kabupaten Banjar. Kali ini penanaman serentak dilaksanakan di Desa Kupang Rejo, Kecamatan Sungai Pinang, Jumat (25/10).


Mewakili Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Hanifah Dwi Nirwana, mengatakan bahwa pelaksanaan tanam serentak ini adalah upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama 13 kabupaten/kota, untuk menjaga kelestarian alam, agar selalu memberikan manfaat baik disaat sekarang hingga ke anak cucu kita nanti, karena alam sendiri alam sendiri merupakan pendamping seluruh makhluk hidup di muka bumi .

"Memperingati Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) 2019, marilah kita jaga alam kita, dengan terus melestarikannya, tidak mengotorinya serta selalu menanam pohon agar alam terus menjadi sahabat bagi seluruh makhluk hidup khususnya bagi manusia," tutur Hanifah Dwi Nirwana.

Kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Mochammad Hilman menambahkan kegiatan menanam pohon serentak guna melestarikan alam di Kecamatan Sungai Pinang, merupakan salah satu langkah yang tepat , karena wilayah sungai pinang sendiri merupakan kawasan hutan dan pegunungan yang rentan akan musibah banjir, longsor ataupun musibah kebakaran hutan dan lahan di saat musim kemarau seperti ini.

"Kecamatan Sungai Pinang merupakan salah satu wilayah Riam Kiwa, di mana saat musim hujan sungai-sungai di wilayah Sungai Pinang akan penuh, sehingga akan mengalirkan air ke wilayah Kota Martapura hingga ke Kota Banjarmasin. Inilah yang menyebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Banjar mengalami musibah banjir. Semoga dengan adanya penanaman serentak di Kecamatan Sungai Pinang ini, ke depan musibah banjir dapat dicegah dan diredam dengan baik," ungkap Hilman.

Komentar