Pemkab Gelar Burdah Keliling Martapura



MARTAPURA - Demi memohon kepada Allah SWT agar kabut asap segera sirna dan Kabupaten Banjar terhindar dari musibah, Pemkab Banjar bekerja sama dengan DPC Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Banjar menggelar Burdah Keliling, dimulai dari Mahligai Sultan Adam, Senin (16/9/2019) malam.


Kegiatan sebenarnya dimulai sejak maghrib, kemudian dilaksanakan shalat hajat, pembacaan Surah Yasin, dan doa dipimpin Guru Nasih. Menurut Ketua DPC FKDMI Banjar Jam'an, kegiatan ini adalah untuk berdoa kepada Allah agar daerah ini terlepas dari musibah kabut asap, musibah kebakaran dan kekeringan. Selain itu, mendoakan agar Bupati Banjar H Khalilurrahman diberikan kesehatan agar dapat mengemban amanah dengan baik.

Mengingat kegiatan masih di bulan Muharram, ribuan peserta Burdah Keliling, sebelum berkeliling, menyantap bubur di halaman Mahligai Sultan Adam. Kegiatan Burdah Keliling langsung dilepas Bupati Banjar H Khalilurrahman. Jemaah, melantunkan syair Burdah dipimpin Guru Supian. Rute keliling cukup singkat, mulai Mahligai Sultan Adam, melalui jalan protokol A Yani, melewati Ponpes Darussalam, masuk Jl Berlian, kemudian putar balik menuju Jl A Yani, putar balik di depan Gedung DPRD Banjar dan kembali lagi ke Mahligai Sultan Adam.

Berbetulan di Mahligai Sultan Adam, pembacaan sahalawat Burdah mendekati bagian akhir, dan selanjutnya, acara ditutup dengan doa yang dipimpin Guru Khalil. Uniknya, selepas itu, acara dilanjutkan dengan acara hiburan kuis dengan aneka hadiah, mulai sepeda sampai uang tunai. Semua santri bergembira karena ada kelucuan-kelucuan manakala ada santri salah menjawab kuis.

Para pejabat mulai Guru Khalil, kemudian Ketua DPRD Banjar M Rofiqi, para kadis dan direktur perusahaan daerah, termasuk bakal calon bupati Said Abdullah Alkaff hadir memberikan kuis sekaligus hadiahnya.

Komentar