Nadal Menuju GS ke-19, Medvedev Perdana



NEW YORK - Petenis Spanyol Rafael Nadal sudah di gerbang menuju gelar Grand Slam yang ke-19 setelah di semifinal tunggal putra Amerika Serikat Terbuka menyudahi asa petenis Italia Matteo Berrettini, 7-6 6-4 6-1, Jumat (6/9/2019) waktu New York di Flushing Meadows.


Beberapa jam sebelumnya, petenis Rusia Daniil Medvedev juga sudah menyegel satu tempat di final setelah menang atas Grigor Dimitrov 7-6 (5) 6-4 6-3, demikian rilis livescore.com.

Nadal, sepertinya akan mendapatkan kesulitan dari Berrettini, karena set pertama berlangsung hingga tiebreak. Namun, pengalaman pemilik 18 gelar GS ini terlihat lebih unggul. Set kedua, Nadal mulai mengetahui apa yang harus ia lakukan sehingga set tersebut juga menjadi milik Nadal 6-4.

Di set ketiga, meski jauh lebih muda, Berrettini seperti kehabisan akal dan energi, dan Nadal yang sudah berusia 34 tahun kembali menang mudah 6-1.

Sementara Daniil Medvedev menemui final perdananya di GS meski harus bertanding ketat dengan Grigor Dimitrov 7-6 (7-5) 6-4 6-3. Unggulan kelima asal Rusia, Medvedev, tampil tenang meski berstatus sebagai penjahat setelah kedapatan penonton mengacungkan jari tengahnya pada pertandingan sebelumnya ketika menghadapi Feliciano Lopez di putaran ketiga.

Dukungan penonton tampak sekali kepada Dimitrov yang diberi gelar sebagai pengganti Federer. Namun, Medvedev justru menjelma menjadi pembunuh harapan penonton. Medvedev terus berbicara tentang energi negatif penonton menjadi pemicu semangatnya untuk berkinerja lebih baik lagi.

Medvedev memang sensasional karena dalam dua bulan terakhir, sudah empat turnamen ia selalu tampil di final, meski di final Rogers Cup Kanada juga terjungkal dari Nadal. Sekarang, pada final Minggu mendatang waktu New York akankah Medvedev meraih GS pertamanya, ataukah Nadal menjadi mimpi buruk Medvedev dan meneruskan dominasinya atas petenis muda usia, sekaligus meraih gelar GS ke-19 dan keempat Amerika Serikat Terbuka? Kita lihat nanti.

Hasil Semifinal

Daniil Medvedev (5) vs Grigor Dimitrov 7-6 (7-5) 6-4 6-3
Rafael Nadal (2) vs Matteo Berrettini 7-6 (8-6) 6-4 6-1

Komentar