Hanya Kurnia yang Lolos Kualifikasi Tunggal



BANJARMASIN - Tuan rumah Kalsel patut berterima kasih kepada Kurnia Suranto, sebab cuma dia yang berhasil lolos babak kualifikasi menuju babak utama TDP Paman Birin Cup 2019 di Lapangan Tenis Dharma Praja, Banjarmasin, Selasa (27/8/2019).


Kepastian Kurnia maju ke babak utama, setelah berhasil mengalahkan Marceles Kalem (Papua) dengan skor meyakinkan 6-1 6-1. Sementara rekannya, Wuri Hariyadi harus mengakui ketangguhan unggulan asal Jateng, Rafly Feby Putra 1-6 0-6. Harapan lain yang terpaksa kandas, ialah Akhmad Sugianoor alias Yayan. Yayan petenis jangkung asal Martapura ternyata harus dikangkangi petenis  asal Papua Barat, Tio Juliandi 1-6 2-6.

Dengan lolosnya Kurnia, berarti di drawing babak utama tunggal putra, akan tampil tiga petenis Kalsel, yakni Kurnia, serta dua lainnya dari jalur wild card, Reza Fakhriadi dan Fazrian Arrafie.

Tiket babak utama tunggal putra lainnya, direbut oleh Esmid (Papua) yang menang 6-3 6-3 atas Gandhi (Papua). Kemudian Ariya (Jabar) yang unggul atas Rizal (Jabar) 4-6 6-3 11-9, selanjutnya Rafi (Jakarta) menang 6-2 7-5 atasMichael Tanobo (Jabar), Claudio (Jakarta) menang atas Willy Albert (Papua) 6-1 5-7 10-5. Dan tiket satunya, diraih Rahardian (Babel) yang menaklukkan Rachfel Sidiq (Papua) 7-6 5-7 10-3.

Sementara sampai berita ini diturunkan, masih berlangsung babak kualifikasi ganda putra, sejumlah petenis Kalsel juga tampil di babak kualifikasi ini, yakni AM Saputra/Yuda Raga melawan pasangan Kaltim, Muhammad Nuf/Yusuf Wira. Kemudian, Akhmad Sugianoor/Fery Prayudhi menghadapi Rizki Bagus/Ariya Mahendra (Jateng/Jabar). Untungnya, Yayan/Fery berhasil mengalahkan Rizki/Ariya dengan skor ketat 7-6 7-5, sekaligus maju ke babak dua kualifikasi ganda.

Di babak kedua Yayan/Fery harus berhadapan dengan sesama Kalsel, Putra/Yudha yang berhasil melewati ganda Kaltim, Muhammad Nuf/Yusuf Wira 6-4 7-6.

Sebenarnya ada lagi petenis Kalsel yang bermain di ganda kualifikasi yaitu Fazrian Arrafie yang berpasangan dengan petenis asal Sulsel, Dzaky Faturrahman. Meski berbeda daerah, keduanya sudah seperti sahabat, karena kerap menjadi lawan latih tanding. Di babak utama nomor ganda putra yang berisi 16 slot, hanya satu tempat bagi Kalsel melalui jalur wild card yaitu diserahkan kepada pasangan Kurnia/Wuri.

Hari Rabu (28/8/2019) juga mulai diputar  babak utama tunggal putra di mana akan tampil puluhan petenis papan atas Indonesia mulai David Susanto, Rifki hingga petenis andalan Kalsel Reza dan Kurnia.

Komentar