Thiem Terjengkang, Federer Melenggang


WIMBLEDON - Finalis Prancis Terbuka Dominic Thiem secara mengejutkan terjungkal di babak pertama grand slam Wimbledon setelah gagal melewati hadangan Sam Querrey, Selasa (2/7/2019) waktu Inggris.


Petenis Austria itu kalah 6-7 (4-7) 7-6 (7-1) 6-3 6-0 pada hari Selasa, menyusul unggulan lainnya seperti Alexander Zverev dan Stefanos Tsitsipas ke dalam kotak.

Unggulan kelima ini juga meninggalkan Wimbledon di babak pertama 12 bulan lalu dan hanya memiliki satu-satunya gelar ATP Tour di lapangan rumput, yakni Stuttgart Open pada 2016.

Sam Querrey dikalahkan oleh senegaranya Taylor Fritz di final Nature Valley International pekan lalu tetapi bangkit kembali untuk mengalahkan Thiem di Court 2. Petenis Amerika itu akan melawan Andrey Rublev (Rusia) yang sukses mengalahkan Cristian Garin.

Sementara itu, Roger Federer harus repot melawan Lloyd Harris untuk memulai kampanye Wimbledon ke-21 yang memecahkan rekor sebagai penampil terbanyak di ajang paling bergengsi ini.

Harris, peringkat ke-86 di dunia dan melakukan debut di grand slam ini, menjadi pemain pertama sejak Alejandro Falla pada 2010 untuk mengalahkan Federer pada set pembuka pertandingan putaran pertama di All England Club. Tetapi juara delapan kali Wimbledon itu akhirnya menang 3-6 6-1 6-2 6-2.

Awal set, petenis ceking asal Afrika Selatan menunjukkan kegarangannya. Namun, ia tidak dapat bermain bagus di set-set berikutnya. Ia berjuang dengan masalah betis kiri, sehingga Federer tanpa ampun menyerang hingga lolos ke babak dua dalam satu jam dan 50 menit.

Pada partai lainnya, Bernard Tomic mengakui sudah menciptakan rekor buruk karena kalah dari Jo-Wilfried Tsonga (Perancis) dalam rentang waktu sangat cepat yakni kurang sejam. Meski begitu, ia mengatakan bahwa kekalahannya itu bukan karena ia kurang berusaha.

Semifinalis Wimbledon dua kali Tsonga mengalahkan petenis Australia itu 6-2 6-1 6-4 hanya dalam waktu 58 menit atau menjadi pertandingan tunggal putra terpendek di All England Club selama 15 tahun.

"Saya bermain sangat buruk. Saya kembali dengan sangat buruk. Tidak melihat servisnya. Pertandingan yang sangat buruk," kata petenis nomor 96 dunia itu. "Saya pikir saya bermain sebaik mungkin. Hanya saja saya bermain buruk," ujar Tomic kepada livescore.com.

Sementara itu, petenis unggulan ketiga, Rafael Nadal asal Spanyol saat berita ini diturunkan sedang unggul atas petenis Jepang Yuichi Sugita 6-3 6-1 6-3.




Komentar