Nadal, Federer dan Djokovic ke Perempat Final


WIMBLEDON - Novak Djokovic, Roger Federer dan Rafael Nadal melaju ke perempat final tunggal putra Grand Slam Wimbledon, Senin (8/7/2019) waktu Inggris. Pada babak ke empat, mereka terlalu dominan bagi lawannya masing-masing.

Nadal dengan mudah mengalahkan Joao Sousa (Portugal) 6-2 6-2 6-2, juara bertahan Djokovic hanya berkeringat sedikit menyudahi Ugo Humbert 6-3 6-2 6-3. Federer di Centre Court, dengan mudah mengirim pemain nomor 20 dunia Matteo Berrettini (Italia) 6-1 6-2 6-2. Juara delapan kali Wimbledon itu akan menghadapi Kei Nishikori, yang menang dari Mikhail Kukushkin 6-3 3-6 6-3 6-4.

Djokovic akan melawan David Goffin, sementara Sam Querrey (Amerika Serikat)menang 6-4 6-7 (7-9) 7-6 (7-3) 7-6 (7-5) atas rekan senegaranya Tennys Sandgren, berarti Sam akan bermain melawan Nadal.

Milos Raonic (Kanada) menyerah dari Guido Pella dalam pertarungan lima set yang ketat. Pella selanjutnya menghadapi petenis Spanyol lainnya Roberto Bautista Agut di babak delapan besar.

Tidak ada pemain yang pernah mencapai 100 kemenangan dalam satu grand slam, tetapi setelah melewati Berrettini 6-1 6-2 6-2 dalam 74 menit, maka Federer adalah pengecualian. Satu kemenangan lagi Federer akan mencapai angka 100 kemenangan di Wimbledon.

Petenis Swiss berusia 37 tahun itu dalam level permainan terbaiknya, sehingga dengan mudah menyudahi petenis yang 14 tahun lebih muda, Berrettini yang terpaksa melakukan banyak kesalahan sendiri. Unggulan kedelapan Nishikori akan menjadi lawan Federer di perempat final setelah ia menyisihkan Kukushkin dalam empat set.

Bermain untuk pertama kalinya dalam minggu kedua grand slam, Humbert yang berusia 21 tahun melaklukan sedikit perlawanan kepada Djokovic yang akan berjuang mempertahankan mahkotanya.

"Saya bermain melawan pemain yang sangat berbakat. Ia sebelumnya membuat beberapa kemenangan besar di turnamen ini dan jelas memiliki potensi untuk mencapai prestasi yang lebih besar di tenis karena dia punya cukup banyak variasi pukulan," kata Djokovic dalam konferensi pers.

Juara Prancis Terbuka Nadal terbukti tidak dapat tersentuh Sousa, karena petenis nomor dua dunia itu meraih kemenangan 6-2 6-2 6-2 di Centre Court. Nadal memukul 30 winner dalam reli panjang dan mengonversi enam dari delapan break point, sehingga ia cuma  butuh waktu satu jam 45 menit.

Federer dan Djokovic kemungkinan akan bergabung dengannya di empat besar untuk grand slam, sehingga memperpanjang dominasi ketiga petenis terbaik dunia ini. Setidaknya, dunia tenis selama 15 tahun terakhir, dikuasai mereka. "Sangat istimewa apa yang kami raih dalam 15 tahun terakhir," kata Nadal. "Sesuatu yang istimewa, sulit untuk diulang, saya pikir, begitu banyak gelar di antara tiga pemain," bebernya.

Komentar